PENGENALAN TEKNIK DASAR BULU TANGKIS PADA ANAK – ANAK DI DUSUN CONGKOP, DESA KEBOANSIKEP, KABUPATEN SIDOARJO

Erwan Adi Saputro(1*), Rachmad Ramadhan Yogaswara(2), Nove Kartika Erliyanti(3)

(1) Program Studi Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur
(2) Program Studi Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur
(3) Program Studi Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak peminat khusunya anak – anak,  dan membutuhkan kemampuan fisik. Meskipun terbilang mudah untuk dilakukan, jika tidak dibekali teknik dasar yang benar, maka bulu tangkis dapat menyebabkan risiko cedera pada anak-anak. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengenalan teknik dasar dalam bermain bulu tangkis pada anak – anak di Dusun Congkop, Desa Keboansikep, Kabupaten Sidoarjo. Metode pengabdian yang digunakan adalah ceramah dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu anak – anak dapat menambah wawasan dan skill mereka dalam bermain bulu tangkis. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memotivasi mereka untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga

Keywords


teknik dasar, bulu tangkis, olahraga

Full Text:

PDF

References


Ballou, Ralph B. 1998. Badminton for Beginners, 2nd ed. Colorado: Morton Publishing Co

Davis, Pat. 1998. Play the Game Badminton. London: A Ward Lock Book.

Djide, Tahir, et. al. (t. t). Pedoman Praktis Bermain Bulutangkis. Jakarta: PB PBSI. Grice, Tony. 1994. Badminton for the College Student, 4th ed. Boston, Massachusetts: American Press.

Griffin, Linda L., Mitchell, Steven A., Oslin, Judith L. 1997. Teaching Sport Concepts and Skills a Tactical Games Approach. Cahmpaign, Illinois: Human Kinetics.

Jian, Han. 2000. Basic Skills of Badminton. Petaling Jaya, Malaysia: Percetakan Solai Sdn Bhd. 8, Jalan 21346050 Petaling Jaya Selangor, Malaysia.

Subarjah, H. (2010). Hasil belajar keterampilan bermain bulutangkis studi eksperimen pada siswa diklat bulutangkis FPOK-UPI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Wattanasin, Charuen. 2000. Badminton a Simple Way, Badminton Booklet. London: The IBF.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.7336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.