Microsoft Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Audiovisual pada Taman Kanak-Kanak Fatahillah Lenteng Agung

Aulia Paramita(1), Za'imatun Niswati(2*), Zetty Karyati(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan teknologi dapat memajukan suatu kelompok masyarakat. Hal ini mengharuskan masyarakat untuk menyesuaikan agar tidak tertinggal. Salah satu penyesuaian yang harus dilakukan adalah dalam hal pendidikan dan pembelajaran, karena teknologi yang tidak dimanfaatkan mengakibatkan rendahnya kualitas pendidikan pada suatu kelompok masyarakat. Pemanfaatan teknologi ini bisa dalam bentuk penggunaan beberapa media pembelajaran yang lebih bervariasi. Media pembelajaran yang tepat sangat diperlukan sebagai salah satu cara untuk menyerap informasi dengan baik. Namun selama ini yang terjadi adalah proses belajar menggunakan media yang sama secara terus menerus dan kurang mengikuti perkembangan teknologi, sebagian guru masih menggunakan metode ceramah yang berdampak pada rendahnya daya ingat dan pemahaman siswa terhadap bahan ajar. Media pembelajaran yang dapat memberikan gambaran secara audiovisual akan memberikan pengalaman lebih terhadap siswa yang memungkinkan siswa lebih mudah dalam menyerap informasi dan tersimpan dalam ingatannya. Salah satu media pembelajaran yang dimaksud adalah Powerpoint. Dengan Powerpoint, segala informasi dapat dilihat, didengarkan dan ditanggapi oleh siswa sehingga memudahkannya untuk memahami suatu pesan informasi dari materi yang disajikan, serta dapat lebih menginspirasi mereka untuk belajar lebih banyak, benda-benda yang dipamerkan terlihat konkret. 


Keywords


media pembelajaran; powerpoint; audiovisual

Full Text:

PDF

References


A’la, M. (2010). Quantum Learning. Yogyakarta: Diva Press.

Arif, S. (2011). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hermawan. (2019). Pengertian Microsoft Powerpoint Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya. Retrieved from https://www.nesabamedia.com/pengertian-microsoft-powerpoint/

Misbahudin, D. (2018). Penggunaan Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol.3(No.1), 43–48.

Nurnugroho, Y. (2010). Pemanfaatan Teknologi lnformasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Bangsa. Jakarta: Universitas Gunadarma.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.7017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.