PEMANFAATAN GOOGLE ADS SEBAGAI PENUNJANG BISNIS UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19

Rinny Meidiyustiani(1*), Indah Rahayu Lestari(2), Desi Natalia(3)

(1) Universitas Budi Luhur
(2) Universitas Budi Luhur
(3) Universitas Budi Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah yang dihadapi oleh UMKM selama pandemik Covid-19 ini antara lain penurunan penjualan, kesulitan bahan baku, distribusi terhambat, permodalan dan produksi menurun. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah: (1) Menguatkan strategi penjualan dengan menggunakan platform online. (2) Memperkenalkan pemilik UMKM mengenai aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan bisinis, (3) Memaksimalkan memanfaatkan penjualan dengan platform online, (4) Memperkenalkan menggunakan Googe Ads untuk menunjang bisnis kepada UMKM. Metode yang dilakukan berupa: persiapan, pelaksanaan yang didalamnya terdapat evaluasi kegiatan. Setelah dilakukannya kegiatan UMKM dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan penjualan dengan dengan platform onlie, terutama dengan menggunakan Google Ads untuk menunjang bisnis. Dengan demikian peluang pelaku UMKM untuk menarik kelompok pelanggan yang tepat pun menjadi lebih besar. Aplikasi ini bissa mulai digunakan oleh UMKM. Dengan menggunakan aplikasi ini juga arus pengeluaran juga dapat lebih mudah dikendalikan, dan UMKM dapat mencapai hasil maksimal dan efisien, sesuai dengan target penjualan yang diharapkan.


Keywords


UMKM, Bisnis, Penjualan, Google Ads

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/67200-Pengaruh-Covid-19-Terhadap-Pertumbuhan-UMKM-di-Indonesia.

https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19

https://academy.getcraft.com/id/blog/memahami-google-ads-dan-manfaatnya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.7003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.