POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI DI ERA DIGITAL

Jatut Yoga Prameswari(1*), Dewi Indah Susanti(2)

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Indraprasta PGRI University
(*) Corresponding Author

Abstract


Orang tua memiliki tugas sejak anak belum memeroleh pendidikan formal. Orang tua dituntut untuk turut berperan serta dalam pendidikan anak karena pendidikan pertama dan utama anak diperoleh dari orang tua. Kemajuan teknologi sekarang ini sangat pesat dan semakin canggih. Sekarang ini setiap orang di seluruh dunia pasti sudah memiliki gadget. Hal ini ingin menegaskan bahwa anak-anak yang hidup di era milenial memang pasti dipengaruhi oleh teknologi digital. Tidak heran jika anak-anak saat ini dikategorisasi sebagai generasi digital. Kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya pola asuh orang tua dalam  menghadapi perkembangan teknologi dan informasi di era digital di lingkungan RW 011 Kalimulya, Cilodong, Depok, Jawa Barat. Hal ini dimaksudkan agar warga RW 011 tersebut memahami akan pentingnya pola asuh orang tua dalam  menghadapi perkembangan teknologi dan informasi di era digital. Penggunaan metode ceramah akan memberikan edukasi langsung (direct learning) mengenai dampak positif dan negatif dari penggunaan teknologi bagi anak, pola asuh di era digital bagi generasi milinial. Pola asuh orang tua di era digital ini memiliki peran penting bagi perkembangan anak. Orang tua harus cermat dan tepat dalam menentukan pola asuh yang akan diberikan kepada anak mereka. Selain itu, perbedaan umur dan jenis kelamin pun perlu menjadi perhatian dalam penentuan pola asuh yang akan diterapkan. Orang tua harus mampu mengikuti perkemabangan dunia digital bahkan harus lebih menguasai dibandingkan dengan penguasaan anak terhadap penggunaan media digital.

 

Keywords: Pola asuh orang tua, Perkembangan teknologi dan informasi


Keywords


Pola asuh orang tua, Perkembangan teknologi dan informasi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.6994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jatut Yoga Prameswari, Dewi Indah Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.