Penggunaan Permainan dalam Pengajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Muta’alimin dan Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in

Ira Miranti(1*), Nurjanah Nurjanah(2), Nina Dwiastuty(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam pembelajaran Bahasa Inggris hal yang terpenting adalah bagaimana menarik siswa untuk menyukai pelajaran bahasa Inggris, apabila mereka sudah menyukai dan menyenangi suatu pelajaran maka mereka dapat menguasai pelajaran tersebut.Jadi konsep pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah dapat dilakukan dengan learning by playing (belajar sambil bermain). Apabila guru mengajarkan bahasa Inggris dengan metode ceramah maka anak-anak akan merasa bosan. Pembelajaran bahasa Inggris dengan permainan dapat membuat suasana belajar menjadi asik, menarik dan menyenangkan  sehingga siswa termotivasi  untuk mempelajari dan memahami materi yang diajarkan.


Keywords


permainan; bahasa inggris; pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ismail, Andang, (2009). Education Games, Pilar Media: Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Media Abadi: Yogyakarta.

Semiawan, Conny R, (2008). Belajar dam Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Indeks. Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.6839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.