Kolaborasi Aplikasi, Pop-Up, dan Movable Book untuk Membuat Media Pembelajaran 3D bagi Guru-Guru di Desa Geger

Cahyo Hasanudin(1*), Novi Mayasari(2), Kundharu Saddhono(3), Ega Wahyu Mahardika(4)

(1) (Scopus ID: 57205056590) IKIP PGRI Bojonegoro
(2) Pendidikan Matematika, FMIPA, IKIP PGRI Bojonegoro
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(4) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, IKIP PGRI Bojonegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Geger memiliki jenjang pendidikan pos paud hingga madrasah aliyah. Namun, lengkapnya jenjang pendidikan di Desa Geger ini belum mengakomodir pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran 3D. Selain itu, hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa guru-guru di desa Geger perlu mendapat pelatihan. Oleh karena itu, tim pengabdi merumuskan sebuah tujuan pengabdian yaitu 1) Ingin meningkatkan pengetahuan tentang media pembelajaran 3D, 2) ingin meningkatkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran 3D bagi guru-guru di Desa Geger, Kecamatan Keduangadem, Kabupaten Bojonegoro. Metode Pelaksanaan pelatihan secara tatap muka dan daring dengan menggunakan aplikasi zoom sedangkan pelaksanaan pelatihan dimulai dari tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Ketiga tahapan ini berfungsi untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan mitra pengabdian. Cara mengukurnya yaitu membandingkan hasil pretes dan postes. Soal pretes dan postes terlebih dahulu sudah divalidasi oleh tiga orang validator. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahun dan keterampilan mitra pengabdian. Simpulan pengabdian ini adalah 1) pengetahuan mitra pengabdian tentang media pembelajaran 3D meningkat 57%. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan rerata hasil pretes sebesar 38% dan rerata hasil postes sebesar 94%, 2) keterampilan mitra pengabdian dalam membuat media pembelajaran 3D meningkat 70%. Pengingkatan ini dapat dilihat dari perbandingan rerata hasil pretes sebesar 25% dan rerata hasil postes sebesar 95%.


Keywords


aplikasi; pop-up; movable book; media pembelajaran 3D

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abrahamson, R. F., & Stewart, R. (1982). Movable Books-A New Golden Age. Language Arts. JSTOR, 59(4), 342-347.

Barton, C. (2005). The pocket paper engineer. China: Main Choice International Development, Ltd.

Birmingham, D. (2010). Pop-up design and paper mechanics, How to make folding paper sculpture. East Sussex: GMC Publications, Ltd.

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologi pada mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97-102, doi http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020.

Catatan Lapangan Hasil Wawancara. (2019). Wawancara dengan bapak Kamijo, 08 Agustus 2019,

Fitirianigsih, dkk. (2020). Mengelola kelas online dengan aplikasi schoology. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1-11. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/5212.

Gregory, E. (2016). Pop-up cards. USA: Walter Foster Publishing

Hardjo, F. N., Retnowati, R., & Rostikawati, T. (2017). Model pembelajaran student teams achievement divisions dengan media pop-up up card untuk meningkatkan hasil belajar biologi kelas XI IPA 1 SMA Siliwangi Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 6(2), 1334-1339. Doi http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1334-1339.

Hasanudin, C. Rosyida, F., Ermawati, S., dan Hidayat, T., (2018a). Panduan membuat media pembelajaran 3d dengan aplikasi momentcam dan media pop-up up. Ponorogo, Indonesia. Wade Group.

Hasanudin, C., dkk. (2018b). Pelatihan pembuatan media pembelajaran 3d dengan memanfaatkan media pop-up up dan aplikasi “momentcam kartun & stiker” bagi guru MTs. Bahrul ulum bulu balen. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 135-146. Doi http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.305.

Hidayatullah, dkk. (2020). Implementasi model kesuksesan sistem informasi delone and mclean terhadap sistem pembelajaran berbasis aplikasi zoom di saat pandemi covid-19. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(1), 44-52. Doi https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165.

Hikmah R., dan Selvia, N. (2019). Pelatihan cabri 3d v2 untuk menigkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran bangun ruang. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 155-161. Doi 10.30998/jurnalpkm.v2i02.3329.

Irvine, J. (2008). How to make super pop-ups. Mineola, New York: Dover Publications, INC.

Montanaro, & Ann, R. (1996). A concise history of pop-up and movable books. Retrieved from https://rter.ga/ 764023-content.pdf.

Puleo, B. (2011). Next stop: Pop-ups. Pennsylvania: Marywood University.

Putri, G. F., Yasbiati, & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh media pop-up card terhadap hasil belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1),174-183. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7284.

Ryan, V. (2002). Pop-up card mechanisms (1). Retrieved from http://www.technologystudent.com/designpro/pop-upup1.htm.

Shofiyah, N. & Wulandari, F. E. (2017). Pelatihan pembuatan pop-up up book sebagai media pembelajaran sains bagi guru taman kanak-kanak. Jurnal ABDI, 3(1), 32-35. Doi http://dx.doi.org/10.26740/ja.v3n1.p32-35.

Syafutri, R. & Soeharto. (2019). Pengembangan Movable Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 141-150, Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JPI/article/view/15640.

Van-Dyk, S. & Hewitt, C. (2011). Paper engineering: Fold, pull, pop-up & turn. National Museum of American History Washington, DC: The Smithsonian Libraries Exhibition Gallery.

Yuliati, N., Suhartiningsih, & Hidayati, L. (2017). The Development of Pop-up Story Book for Improving Language Ability. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(8), 3750-3755.

Zubaidah, Putra, R. S., & Gade, F. (2020). Lightening the learning climate sebagai upaya mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi mahasiswa program studi ilmu perpustakaan UIN Ar-Raniry pada mata kuliah bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi zoom. Indonesian Journal of Library and Information Science, 1(1), 52-62. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/ijlis/article/view/528.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.6718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.