DOLANAN ANAK SEBAGAI UPAYA MEMBATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DI DESA PENAMBANGAN SIDOARJO

Intan Chairun Nisa(1*), Restika Dewi Mayangsari(2), M. Khoirul Rizani(3)

(1) 
(2) Universitas Maarif Hasyim Latif
(3) Universitas Maarif Hasyim latif
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa anak-anak merupakan masa emas dimana pertumbuhan dan perkembangan otak berlangsung cepat. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berbahaya bagi perkembangan otak, syaraf dan kepribadian anak. Salah satu media alternatif untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget adalah melalui Dolanan Anak. Dolanan Anak dibuat dengan menciptakan arena bermain yang lengkap dengan atribut permainan di sekitar lokasi tempat tinggal anak. Program ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu penentuan lokasi, pembangunan arena Dolanan Anak, sosialisasi serta monitoring dan evaluasi. Lokasi yang digunakan yaitu di Desa penambangan RT 02 RW 01, Kec. Balongbendo, Kab. Sidoarjo karena memiliki aspek kenyamanan, strategis dan keamanan. Pembangunan arena Dolanan Anak dilakukan dengan membersihkan, mengecat, dan memberikan beberapa fasilitas permainan anak. Sosialisasi dilakukan pada para orang tua melalui penyuluhan dan anak-anak melalui ajakan serta membiasakan bermain di arena Dolanan Anak selama satu bulan. Monitoring dan evaluasi dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada warga sekitar. Berdasarkan hasil kuesioner dari 24 responden menunjukkan bahwa masyarakat sekitar puas dengan kinerja tim pelaksana, pembangunan arena Dolanan Anak, serta dampak Dolanan dalam membatasi penggunaan gadget bagi anak.


Keywords


Dolanan Anak, gadget, anak, Desa Penambangan

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i3.6467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.