Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Guru-Guru di Lingkungan Gugus I Bogor Tengah Kota Bogor

Elly Sukmanasa(1), Lina Novita(2*), Aries Maesya(3)

(1) Universitas Pakuan
(2) Universitas Pakuan
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Peranan guru sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar agar materi dapat dipahami secara optimal. Seorang guru tidak hanya semata mengajar di depan kelas saja, tetapi harus bisa menginspirasi siswa. Proses pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memerlukan kemampuan guru dalam bidang IT terutama dalam pembuatan media pembelajaran yang mudah dan menarik karena pembelajaran dalam kurikulum 2013 terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Penilaian yang dilakukan pada kurikulum 2013 mencakup tiga ranah yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan pendampingan pembuatan media pembelajaran powtoon pada pembelajaran kurikulum 2013 tematik untuk kelas V Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Pendampingan ini mendapatkan respon positif terbukti dengan antusiasme guru dalam mengikuti dari awal sampai selesai. Meskipun peelatihan pendampingan ini berbeda dari biasanya, yaitu menggunakan media online atau Webinar karena adanya Covid-19. Pada saat pemberian materi tentang pengenalan program powtoon ini, para guru banyak belajar, karena program ini merupakan program yang baru dikenal. Antusiasme dan kesiapan para guru menandakan adanya motivasi untuk menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar.


Keywords


pelatihan; pembuatan powtoon; kurikulum 2013

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andrianti, Yeni., L.R. Retno Susanti, Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Jurnal Criksetra, Volume 5, No 9. Tersedia http://ejournal2.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/viewFile/4802/2548.

Awalia, Izomi , Aan Subhan Pamungkas, Trian Pamungkas Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol.10 No.1. Tersedia DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Fajar, Syahrul. Riyana, Cepi, dan Hanoum, Nadia. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Edutcehnologia, 3(2), 101-114.

Fitriyani, Nina. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. Vol. 6. No. 1. Tersedia https://tunas bangsa. stkipgetsempena.ac.id.

McLuhan, Marshall. (2006.) The Medium is the Message. United Kingdom : Blackwell.

Muslimin, Muhammad Ikhwanul. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. VI No. 1. Tersedia journal.student.uny.ac.id›ojs›index.php›fiptp›article

Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana. Fazriani, Rifa. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar JPPGuseda| Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Vol.2 No. 2. Halaman 82-86.

Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana, Fauziah, Siti Sarah. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol.6 No.1. 2443-3268

Nurdiansyah, Edwin, Emil El Faisal, Sulkipani. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.15 No.1. Jurnal Civic. Media Kajian Kewarganegaraan. Tersedia di. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/ article/view/16875.

Pengetahuan Sosial Terpadu. Edutcehnologia, Tahun 3, Vol 3 No. 2. Tersedia ejournal.upi.edu › index.php › edutechnologia › article › download › pdf_1.

Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, I Komang Sudarma. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 9 No. (2) pp. 8-18. Tersedia https://ejournal.undiksha.ac.id› index.php›JEU› article›

Rio Ariyanto, Sri Kantun, Sukidin. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 122 ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 12 Nomor 1 (2018) DOI: 10.19184/jpe.v12i1.7622

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Sukmanasa, Elly., Windiyani, Tustiyana., Novita, Lina. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal JPSD Untirta. Vol.3 No.2. Tersedia pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2138.

Sukmanasa, Elly, Novita, Lina, Majid, Rifki Abdul. (2019). Use Of Learning Video Media On Human And Environmental Subthema. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies). Vol. 3 No. 2. 72-75

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.6415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.