Penggunaan Teknik Brainwriting dalam Menulis Cerita Anak di TK Al Biruni dan TK Khoiru Wa Abqo

Hilda Hilaliyah(1*), Yulia Agustin(2), Siti Muharomah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita anak, dibutuhkan teknik yang tepat. Satu di antaranya adalah teknik brainwriting. Teknik ini merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran menulis cerita anak. Teknik brainwriting bertujuan mencurahkan gagasan tentang suatu pokok permasalahan yang dilakukan secara tertulis. Sesuai dengan fungsinya, teknik brainwriting dapat memotivasi seseorang untuk memunculkan banyak ide dalam menulis cerita anak. Berdasarkan hasil observasi awal, didapati bahwa para guru di TK Al Biruni dan TK Khoiru Wa Abqo kesulitan dalam meningkatkan keterampilan menulis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pelatihan-pelatihan menulis, seperti brainwriting yang mengandalkan kreativitas guru. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik brainwriting dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan para guru TK dalam menulis cerita anak sangat penting dilatih. Penerapan teknik brainwriting dilakukan agar para guru dapat menulis buku cerita sendiri yang disesuaikan dengan bahan ajar dan mempunyai nilai edukatif untuk peserta didik TK.

 


Keywords


teknik brainwriting; menulis cerita anak; para guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azizah, A. (2015). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting pada Peserta Didik SD/MI Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. II No.2 Juli 2015, 137.

Kurniadi, F., Hilaliyah, H., & Rosadi, N. (2018) Upaya Penguatan Pemahaman Menulis Deskripsi dan Narasi pada Penulisan Buku Laporan Hasil Belajar Siswa PAUD di Depok. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(03),231-237. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/2669 diunduh 17 Februari 2020.

Mariyana, R. (2014). Kompetensi Profesional Guru TK. (http://103.23.244.11/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197803082001122-RITA_MARIYANA/KOMPETENSI__PROFESIONAL_GURU_TK.pdf diunduh 6 Oktober 2017)

Mariyana, R. (2007). Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Bimbingan di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriftif terhadap Kompetensi Guru TK di kota Bandung). Tesis pada PPS UPI : Tidak diterbitkan

Michalko, M. (2004). Permainan Berpikir (Thinkertoys). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permana, A., Hilaliyah, H., & Jubei, S. (2019). Penerapan Metode Edutainment dan Story Telling pada Guru-Guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) Natiqul Quran. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 2(03), 187-193. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/3724/2749 diunduh 17 Februari 2020.

Sumarti, dkk (2016). Fonologi. Tangerang: Pustaka Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.