PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN PRESENTASI HASIL PENELITIANBAGI GURU MATEMATIKA SMP/MTS

Baiq Rika Ayu Febrilia(1), Dwi Utami Setyawati(2*)

(1) Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains, Teknik dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika
(2) Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains, Teknik dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika
(*) Corresponding Author

Abstract


Program pendampingan penyusunan bahan presentasi hasil penelitian dilakukan untuk meminimalkan kesenjangan antara motivasi guru dalam melakukan penelitian dan kemampuan mereka untuk menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya. Kegiatan ini dilakukan untuk dua tujuan utama, yaitu membantu guru dalam memfokuskan dan menyelaraskan topik, pertanyaan dan hasil riset yang ditampilkan dan membantu guru menyusun bahan presentasi yang sesuai dengan standar ilmiah. Guru yang terlibat adalah lima orang guru matematika SMP/MTs dari lima kabupaten/kota yang berbeda di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Luaran kegiatan pengabdian adalah softfile bahan presentasi final yang disusun oleh guru dan sesuai dengan standar ilmiah.


Keywords


Bahan presentasi; hasil penelitian; guru matematika.

Full Text:

PDF

References


Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Prasetya, D. S. B., Pujilestari, P., & Setyawati, D. U. (2020). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 69-76.

Hakim, D. L. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2(2), 157-163.

Rusdarti, R., Slamet, A., & Prajanti, S. D. W. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Pembuatan Publikasi Ilmiah Melalui Workshop dan Pendampingan Bagi Guru Sma Kota Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 16(2), 271-280.

Santoso, B., Aisyah, N., Hapizah, H., Meryansumayeka, M., Sukmaningthias, N., & Pratiwi, W. D. (2019). Pendampingan Inovasi bagi MGMP Matematika SMP Kota Palembang untuk Menghasilkan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Berbasis ICT. Jurnal Anugerah, 1(2), 91-97.

Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Somantri, O., Abidin, T., Wijayanto, S., Wibowo, D. S., & Dairoh, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan E-Presentation. Jurnal SOLMA, 8(2), 219-228.

Utami, S. P. T., & Naryatmojo, D. L. (2016). Pelatihan Presentasi Ilmiah untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Kompetisi Ilmiah Bagi Anggota Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di Kota Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 5(1).

Wijaya, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY. To Maega| Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.5847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.