Pemanfaatan Gaphics Designer Software untuk Meningkatkan Kreativitas Promosi Produk para Pengusaha UMKM di Kota Tegal
(1) Politeknik Harapan Bersama
(2) Politeknik Harapan Bersama Tegal
(3) Politeknik Harapan Bersama Tegal
(4) Politeknik Harapan Bersama Tegal
(*) Corresponding Author
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang cukup tinggi dalam perekonomian di Indonesia. UMKM mampu menyediakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan output yang berguna bagi masyarakat. Akan tetapi dalam perkembangannya UMKM masih menemui berbagai kendala untuk memajukan usahanya. Salah satu kendala tersebut terkait pemasaran produk usahanya. Langkah solutif yang dapat ditempuh untuk meningkatkan promosi produknya adalah dengan membuat desain promosi yang menarik. Dari hasil analisis Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama Tegal bahwa para pengusaha UMKM dapat diberikan pelatihan untuk mampu membuat sendiri segala bentuk promosi usahanya yang meliputi logo dan pamflet. Oleh karena itu dipilihlah graphicsdesigner software yang sangat mudah dan cepat dalam pengoperasiannya yaitu AAA Logo dan Canva. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 23-24 Desember 2017. Pelaksanaan pelatihan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakatberjalan dengan sangat baik dan para peserta mampu membuat logo dan brosur produk usahanya secara mandiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 10, 120–142.
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16
Herman, O. :, Hidayah, N., & Raharja, L. (2013). Peranan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia Melalui Pajak (Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013). JP Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsoed, 3(46).
Rosandi, S., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), 1–16.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.5481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.