Pengolahan Administrasi Sekolah di PAUD KB Yayasan Al Ikhlas Kota Depok

Rini Widia Putri Z(1*), Purni Munah Hartuti(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan teknologi dan informasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tidak hanya dalam proses pembelajaran, tetapi juga dalam pengolahan administasi sekolah untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Salah satunya pada mitra pelaksanaan pengabdian masyarakat di PAUD KB Yayasan Al Ikhlas Kota Depok. Pengolahan administasi yang telah berjalan di sekolah masih menggunakan cara yang manual, sehingga pengolahannya belum terstruktur dan optimal. Tim pelaksana pengabdian masyarakat melakukan pelatihan bagi para guru dengan tujuan untuk membantu para guru mengelola administrasi sekolah secara terstruktur dengan menggunakan software Microsoft excel. Metode pelaksanaan berupa pelatihan, pendampingan, dan diskusi. Pelatihan dilakukan dengan cara memberikan materi dan praktik oleh para guru dalam pengoperasiaan Microsoft excel untuk pengelolaan administrasi sekolah. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama untuk pemberian materi dan latihan, sementara sesi kedua untuk latihan penyelesaian persoalan administrasi sekolah menggunakan Microsoft excel. Hasil pelaksanaan pelatiahan adalah 90% guru mengenal dan memahami pemakaian fungsi operasi dasar dan 75% guru dapat memahami pemakaian fungsi kondisional pada Microsoft excel.


Keywords


administrasi sekolah; pelatihan Microsoft excel

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmadwati W, dkk. (2018). Pemanfaatan Sarana Prasarana Kerja, Self Capacity Building, dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. XXV (1) hlm. 1-12

Andarwati, M. dan Dwipasari, L. (2014). Desain Sistem Informasi Administrasi dan Keuangan Paud untuk Mencapai Akreditasi. Jurnal Matics, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. 6(2) hlm. 65-70.

Ayuliana, dkk. (2011). “Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Studi Kasus Pada SMA 78 Jakarta.” ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications 2(2):1172.

Faadilah, A. (2016). Excel Untuk Administrasi Pendidikan Modul ICT.

Kristiawan, M. dan Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(1) hlm. 86-95

Nurfadilah, I. (2017). Hubungan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dengan Pelayanan Administrasi Tata Usaha Di SDIT Asy-Syifa Qolbu Bogor. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rokhman, dkk. (2018). “Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar Di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang.” Jurnal MNEMONIC 1(1):4–9.

Subagyo. (2010). Manfaat Fitur “Pivot Table” dari Microsoft Office Excel untuk Pengelolaan Data Statistika Perpustakaan. Jurnal Pustakawan Indonesia. 10(1) hlm.13-22.

Sulistiyani, N dan Rohmadi. (2013). Perancangan sistem aplikasi administrasi TK MTA Gemolong Berbasis Web. Prosiding Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA. 2 (1) hlm. 106-112.

Winarno. (2017). Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Administrasi Pendidikan Dan Pembelajaran Di SDIT MTA Gemolong. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.