Penggunaan Media Matras Listrik untuk Mengasah Kecerdasan Psikomotorik bagi Siswa TK Pertiwi Desa Sekaran
(1) IKIP PGRI BOJONEGORO
(2) IKIP PGRI Bojonegoro
(3) IKIP PGRI Bojonegoro
(*) Corresponding Author
Abstract
Media Matras LISTRIK (Literasi Sensori dan Motorik) merupakan suatu media permainan sekaligus media belajar yang diperuntukkan bagi siswa di tingkat pendidikan usia dini baik PAUD ataupun TK. Media Matras listrik ini di desain dengan kombinasi dari permainan melompat, berputar, menebak warna yang dalam gambarnya mengkombinasikan unsur angka dan huruf. Sesuai dengan nama Listrik yaitu sensori dan motorik maka desain dalam matras ini meliputi huruf abjad yang disusun dengan desain khusus untuk mampu menarik siswa, selain itu ditambahakan pula beberapa aksen untuk bermain anak. Psikomotorik merupakan ruang dimana yang memiliki keterkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan berbuat atau menghasilkan suatu pola setelah seseorang menerima pengalaman belajar baik secara formal maupun latihan mandiri. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan tahapan selanjutnya setelah kemampuan kongnitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak ketika sebuah perilaku menjadi kebiasaan dalam diri seseorang). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan kegiatan olah fisik, misalnya berlari, melompat ditempat, melukis, menari, mengayunkan anggota tangan dan kaki, dan sebagainya. Berdasarkan hasil kegiatan Pengabdian yang melibatkan siswa TK di desa sekaran yang telah dilakukan, anak-anak TK Pertiwi sangat antusias saat bermain mengikuti prosedur dalam permainan matras listrik. Selain itu, para guru di TK Pertiwi juga antusias mengarahkan siswanya untuk mencoba permainan, menyebutkan dengan keras huruf dan angka yang tersaji di media matras listrik. Hal ini menjadi indicator keberhasilan dimana siswa belajar dengan cara bersenang-senang melalui kemasan bermain, juga guru dapat berinovasi dengan memodifikasi media serupa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmad Johari, S. (2008). Teori Pembelajaran. Psikologi Pendidikan.
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
Arsyad, A. (2014). Media Komunikasi dlama Pembelajaran. Jurnal Pembelajan.
Francisco, A. R. L. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
HARTATI, S. (2017). PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK TAMAN KANAK- KANAK DI DKI JAKARTA. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.111.02
Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan.
Ulfah, M. (2014). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK FULLDAY. In PAWIYATAN.
Yeni Rachmawati, S.Pd., M.Pd., Euis Kurniati, S.Pd., M. P. (2000). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK. In Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.5260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.