Mengelola Kelas Online dengan Aplikasi Schoology

Ayu Fitrianingsih(1*), Cahyo Hasanudin(2), Ali Mujahidin(3), Ali Noeruddin(4), Dwi Novitasari(5)

(1) IKIP PGRI Bojonegoro
(2) (Scopus ID: 57205056590) IKIP PGRI Bojonegoro
(3) IKIP PGRI Bojonegoro
(4) IKIP PGRI Bojonegoro
(5) IKIP PGRI Bojonegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah 1) mengenalkan aplikasi-aplikasi dalam e-learning kepada guru SMP AT-TAJDID, 2) guru SMP AT-TAJDID dapat mengoperasikan aplikasi schoology. Metode pelaksanaan pengabdian ini disusun secara sistematis mulai dari tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Pelasanaan Pengabdian kepada Masyarakat harus sesuai dengan target capaian dan mencapai luaran yang tepat waktu dan baik. Program Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan pada hari Kamis, 07 November 2019 mulai pukul 09.00 di SMP AT-TAJDID Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 13 guru yang mengampu mata pelajaran berbeda. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 1) Guru SMP AT-TAJDID dapat mengetahui aplikasi-aplikasi dalam e-learning, 2) Guru SMP AT-TAJDID mampu mengoperasikan aplikasi schoology mulai dari mendaftar, mengisi materi, membuat quiz, dan membagikan kode kelas kepada siswa.


Keywords


online class; schoology apps; SMP AT-TAJDID

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aminoto, T. & Pathoni, H. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13-29.

Arjaya, I. B. A. & Javandira, C. (2018). Ibm smp negeri 4 denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 7(1), 68-78. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/153/145

Arsini. (2017). Penguatan kompetensi dan keterampilan guru madrasah sekota semarang dalam mengembangkan “web based assesment” menggunakan schoology. DIMAS, 17(2), 277-296. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/view/2430/1580

Biswas, S. (2013) "Schoology-Supported Classroom Management: A Curriculum Review," Northwest Journal of Teacher Education, 11(2), 1-10. Retrieved from https://pdxscholar.library.pdx.edu/nwjte/vol11/iss2/12

Daud, W. A. A. W. dan Ghani, M. T. A. (2017). The acceptance of schoology among early childhood education student at mara poly-tech college (kptm). Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), 3(6), 133-142.

Hidayat, Y. N., Wardono, & Rusilowati, A. (2019). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa dalam pembelajaran synectics berbantuan schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 911-916.

Putri, M, A, Ni Wyn., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran ipa kelas viii di smp negeri 1 sririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-11.

Saddhono, K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. (2019). The ability to think creatively on SSCS using schoology Apps, how is the student’s language metacognitive awareness?. Ingénierie des Systèmes d’Information, 24(4), 367-375. https://doi.org/10.18280/isi.240402.

Sicat, A. S. (2015). Enhancing college student’s proficiency in business writing via schoology. International Journal of Education and Research, 3(1), 159-178.

http://bit.ly/postestpkm2019

http://bit.ly/pretestpkm2019

HTTPS://WWW.RESEARCHGATE.NET/PUBLICATION/337153729_WORKSHOP_MENGELOLA_KELAS_ONLINE_DENGAN_APLIKASI_SCHOOLOGY




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.