Pelatihan Learning Theory of Career Counseling bagi Guru Bimbingan dan Konseling

Evi Winingsih(1*), Eko Darminto(2), Wiryo Nuryono(3), Ari Khusumadewi(4), Roby Anggara Handika Putra(5)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelayanan guru Bimbingan dan Konseling tingkat SMP di Kota Mojokerto. Peneliti bekerja sama dengan pihak MGBK SMP Kota Mojokerto. Kompetesi yang dilatihkan adalah softskills berupa pemahaman guru Bimbingan dan Konseling tentang Pelayanan di bidang karier yang berorientasi pada pendekatan LTCC. Target yang ingin dicapai setelah pelatihan ini adalah pemahaman yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pelayanan konseling di bidang karier. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah melakukan pelatihan kepada guru Bimbingan dan Konseling dalam waktu tertentu. Kompetensi guru Bimbingan dan Konseling akan diukur dengan menggunakan instrumen yang diberikan kepada guru Bimbingan dan Konseling sebelum dan setelah pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perubahan pemahaman guru Bimbingan dan Konseling setelah diberikan pelatihan. Setelah lebih dari 100 menit materi diberikan. Ada peningkatan pemahaman tentang teori LTCC yang cukup signifikan dari para guru BK. Saran yang disampaikan adalah pemberian pelatihan berupa skill penerapan LTCC di sekolah agaknya perlu diperhatikan. Karena pemahaman tidak cukup untuk bisa menjamin para guru BK dapat mengaplikasikan teori tersebut.

Keywords


Pelatihan; Learning Theort of Career Counseling

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Brown Duane. (2002). Caree Choice and Development (4th ed.). New York: Jossey-Bass.

Coleman, H. L. K., & Yeh, C. (2011). Handbook of school counseling. Routledge.

Conyne, R. K. (2004). Preventive counseling: Helping people to become empowered in systems and settings. Routledge.

Datadiwa, D., & Widodo, J. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Warureja Tahun 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1).

Irianto, J. (2001). Prinsip-prinsip dasar manajemen pelatihan. Surabaya: Insan Cendekia.

Krumboltz. (1996). A Learning Theory of Career Counseling. US: Davies-Black Publishing.

Krumboltz, J. D. (2009). The happenstance learning theory. Journal of Career Assessment, 17(2), 135–154.

Krumboltz, J. D., Foley, P. F., & Cotter, E. W. (2013). Applying the happenstance learning theory to involuntary career transitions. The Career Development Quarterly, 61(1), 15–26.

Meijers, F., & Lengelle, R. (2015). 5. CAREER LEARNING. Career Assessment: Qualitative Approaches, 41.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.

Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.