Optimalisasi Kemampuan Guru Menguasai Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Kecamatan Baturiti

Laras Oktaviani(1), I Putu Suyoga Dharma(2*)

(1) Universitas Triatma Mulya
(2) STKIP SUAR Bangli
(*) Corresponding Author

Abstract


Minimnya ketersediaan sarana teknologi merupakan salah satu alasan terbesar guru di SD N 4 Luwus jarang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan tekonologi multimedia. Hal ini juga menyebabkan kemampuan guru menguasai teknologi multimedia dalam pembelajaran IPA masih kurang. Tujuan kegitan PKMS ini serta target khusus yang direncanakan meliputi empat hal. Pertama, teridentifikasinya konsep-konsep IPA yang esensial yang bisa diajarkan dengan lebih mudah kalau menggunakan media pembelajaran IPA inovatif yang berbasis multimedia. Sebagai kriterianya adalah minimal 25% konsep IPA esensial dapat dibuatkan media berbasis multimedia. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai dan merancang media pembelajaran IPA berbasis multimedia. Kriterianya adalah 60% guru di sekolah mitra harus memilikikualifikasi ‘cukup” dalam memproduksi media pembelajaran IPA multimedia. Ketiga, adanya produk media pembelajaran IPA berbasis multimedia untuk memfasilitasi siswa belajar secara aktif, menyenangkan, dan dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya, dengan target produksi media pembelajaran baik dalam bentuk powerpoint atau video dan gambar yang dikumpulkan dari internet. Keempat, adanya peluang para guru untuk memproduksi dan menyebarkannya kepada guru yang lain produk media pembelajaran yang dirancang. Metode yang dipakai dalam mencapai tujuan tersebut adalah : (a) pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan media pembelajaran IPA berbasis multimedia, (b) mendemonstrasikan teknologi pembuatan media pembelajaran IPA baik yang dibuat dalam bentuk microsoft powerpoint dan media yang diambil dari internet, (c) pembimbingan dan praktek pembuatan media pembelajaran IPA, dan (d) pembimbingan cara penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi multimedia dalam pembelajaran IPA di kelas. Hasil dari kegiatan PKMS ini adalah: (1) keterampilan guru menerapkan multimedia dalam pembelajaran IPA meningkat, (2) publikasi di media lokal Bali yaitu Koran Radar Bali, (3) video kegiatan pelaksanaan PKMS, dan (4) artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional.


Keywords


teknologi multimedia; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Munir. (2009). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.4615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.