Penerapan E-Commerce pada Kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong

Rahmatika Rahmatika(1), Harry Dhika(2*), Nasrulloh Isnain(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan E-commerce dalam teknologi informasi semakin meningkat. Salah satu e-commerce yang sering digunakan akhir-akhir ini adalah marketplace. Dari sekian banyak yang marketplace yang tersedia, shopee adalah marketplace yang sering digunakan pelanggan, termasuk ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Selama ini ibu-ibu PKK hanya berperan sebagai pelanggan tanpa menyadari potensi keuntungan finansial yang dapat diraih. Maka dari itu kami menyelenggarakan kegiatan abdimas dengan bentuk pembelajaran dan pemberian pelatihan berniaga menggunakan marketplace shopee. Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk membekali ibu-ibu PKK di kelurahan Pabuaran-Cibinong dalam memaksimalkan marketplace shopee agar dapat berperan aktif dalam kegiatan perniagaan yang menghasilkan keuntungan finansial. Memaksimalkan market place shopee dapat meningkatkan penjualan dan meminimalisir pengeluaran karena tidak memerlukan toko fisik, biaya promosi atau biaya untuk membayar karyawan. Apalagi jika penjualannya masih dalam skala kecil, khususnya ibu-ibu PKK yang dapat melakukan penjualan tanpa harus meninggalkan kegiatan mereka sehari- hari sebagai ibu rumah tangga


Keywords


market place; penjualan; shopee; PKK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen, II, 74–91.

Pedro, J., & Ortiz, M. (2018). Pengaruh Tagline Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj39enk6N7jAhWBiXAKHUkcDn4QFjAGegQICBAC&url=http%3A%2F%2Fdigilib.uinsby.ac.id%2F26328%2F1%2FSiti%2520Roykhanah_B06214019.pdf&usg=AOvVaw2LW2TGfeLyWLYOGnyCwSZ-

Pengabdian, J., Masyarakat, K., & Harsa, P. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “ Pratistha Harsa ” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.

Sari, A. K., Ramansyah, W., Ningsih, P. R., Risnasari, M., Arif, M., Saputro, S. D., & Effindi, M. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Bagi Peningkatan Mutu Sosial Tenaga Kerja dan Wanita di Kelurahan Rongtengah Sampang Madura. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 151. https://doi.org/10.30651/aks.v1i2.931

Shopee. (2018). 10 Usability Heuristics by Nielsen ; Lazada and Shopee Review. Retrieved from https://zikrohnafiah.files.wordpress.com/2018/05/gui-usability-heuristics-report.pdf%0A%0A




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.