Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak melalui Media Gambar di Lingkungan Rt 017, Rw 08, Jatinegara, Jakarta Timur

Nur Indah Sari(1*), Sri Mulyani(2), Eka Septiani(3)

(1) unindra pgri jakarta
(2) unindra pgri jakarta
(3) Unindra pgri jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan media gambar sebagai sumber belajar dapat menarik minat dan semangat anak dalam belajar sehingga anak tidak merasa bosan atau mengalami kejenuhan. Media gambar diharapkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak akan peristiwa atau cerita, membantu anak untuk mengembangkan imajinasi, mengkaitkan tema-tema dalam gambar dengan pengalaman hidup sehari-hari, lebih berani mengemukakan ide-idenya sehingga anak lebih lancar dalam bercerita. Pada program penyuluhan dan pengabdian masyarakat ini, akan berfokus pada anak. Orangtua menjadi pendamping karena orang tua menjadi pendidikan awal bagi anak-anak dalam kehidupan bersosial. Hasil yang dicapai dalam program pengabdian pada masyarakat ini menunujukkan bahwa (1) penggunaan metode bercerita sangat efektif dalam meningkatkan motivasi kemampuan berbahasa, (2) penggunaan media gambar sangat mendukung kegiatan pembelajaran, (3) memotivasi anak untuk belajar berkomunikasi, bercerita dan bersosialisasi, (4) Kemampuan berbahasa anak dapat berkembang dengan baik, anak mampu menceritakan tokoh-tokoh dalam gambar

Keywords


Kemampuan Bercerita; Media Gambar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anita , S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS Press.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Permainan Membaca Dan Membaca Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: DEPDIKNAS

Marlina, E., Apriliya, S., & Hamdu, G. (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 84–99. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7214

Musfiroh, T. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sadiman, A.S. (2008). Media Pembelajaran. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan Nomor 6. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyanto, E. (2011). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosda Karya.

Subana dan Sunanti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: sebagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustakan Setia.

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2009). Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.