Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pembelajaran Peta Konsep (Mind Map)

Dasmo Dasmo(1*), Dandan Luhur Saraswati(2), Indica Yona Okyranida(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI - Scopus ID: 57205055879
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyamaan persepsi (konsep) antara pengajar dan anak didik sangat penting dalam pembelajaran. Kegiatan ini dapat dilakukan sedari awal dalam pembelajaran dalam kelas. Pengajar menyampaikan persepsinya berupa konsep-konsep materi pelajaran yang akan disampaikan sehingga anak didik dapat mengetahui arah/alur pelajaran yang akan dipelajarinya. Pemahaman konsep yang benar dan sinkron antara pengajar dan anak didik diharapkan mampu membuat pembelajaran dalam kelas berjalan secara efektif dan efisien. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat “PKM Mts Hidayatul Anam di Jakarta Selatan” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya pemberian peta konsep dalam proses belajar mengajar sehingga guru mampu menyusun peta konsep materi pelajaran sebagai sebuah instrument penting dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan pelatihan, pendampingan, dan diskusi. Pelatihan dilakukan dengan cara memberikan informasi mengenai model pembelajaran peta konsep serta praktik mengajar dengan model peta konsep. Guru juga dilatih untuk merancang dan membuat model pembelajaran peta konsep. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, terlihat antusias guru yang semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Keywords


Kompetensi Guru; Peta Konsep

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jensen, E. dan Makowitz, K. (2002). Otak Sejuta Gygabite: Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Bandung : Kaifa.

Syam, N., & Ramlah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3).

Kusuma, N. A., Irhandayaningsih, A., & Kurniawan, A. T. (2015). Analisis Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (Studi Kualitatif Siswa Tunarungu SD Kelas V Di Slb Negeri Semarang). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 29-38.

Riswanto, H., & Dasmo, D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Mind Map. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Saraswati, D. L., Pratama, D., dan Putri, D. A. (2019). Pemanfaatan Wayang sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Jakarta: 24 Juli 2019. Hal. 411-416

Tapantoko, A. a. (2011). penggunaan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Depok. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.