Penggunaan Komputer dan Pengolahan Data dengan Microsoft Excel pada Posyandu Asoka Ii Jatiranggon Bekasi

Nunu Kustian(1*), Nurul Badriyatul Muthoharoh(2), Rizki Ridwan(3)

(1) FTIK, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Informatika FTIK, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Posyandu di dalam masyarakat merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebulan sekali oleh Kader Posyandu yang kompeten dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan dan dibantu dengan adanya buku panduan Posyandu sebagai acuan dalam pelaksanaannya, akan tetapi pada Posyandu Asoka II Jatiranggon Bekasi dikarenakan kegiatan Posyandu masih dilakukan secara manual menyulitkan kader dalam pengolahan data dalam melaporkan kegiatannya sehingga membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan sosialisasi sederhana untuk memanfaatkan komputer dan penggunaan Microsoft Excel sebagai database nya. Hasil dari sosialisasi ini meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader Posyandu Asoka II Jatiranggon Bekasi dalam menggunakan komputer dan pemeliharaan data sehingga berkurangnya kesulitan dalam mengolah data.


Keywords


komputer; pengolahan data; microsoft excel; posyandu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


curriculum for excellence building the curriculum 3 a framework for learning and teaching. (2008). the Scottish Government, June 2008.

Depkes-R.I., 2011. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu, Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL POSYANDU). www.promles.depkes.go.id diakses 19 Januari 2019.

Efendi, Is. (2018). No TitlePENGARUH METODE CERAMAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI MAN 5 JALAN MAGELANG KM. 17 MARGOREJO, TEMPEL, SLEMAN YOGYAKARTA. Yogyakarta. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/5547/Ismail Efendi %2813422010%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Iqbal, M., dan Sumaryanto. 2007. “Strategi Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Bertumpu Pada Partisipasi Masyarakat”. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Volume 5 No. 2, Juni 2007: 167-182. Bogor.

Learning+Teaching Scotland. 2007. “Participative ang Learning.” Scotland: Save the Childern.

Kemenkes R.I., 2012. Buku Pegangan Kader Posyandu: Ayo ke Posyandu Setiap Bulan, Kementerian Kesehatan Republik indonesia. Jakarta: Kementerian Republik Indonesia.

Prigianata, M. . (2013). No Title. J-INTECH, 1(1). Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/398528

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. VII, Jakarta: Prenada Media Group.

Sholiha, Nabila., kusumadewi, S. (2015). Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak. In SISTEM INFORMASI POSYANDU KESEHATAN IBU DAN ANAK (pp. 207–214). Yogyakarta: Prosiding SNATIF ke -2 Tahun. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/325

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar. Jurnal Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.4190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.