Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android sebagai Media Penyampaian Informasi Kesehatan di Posyandu

Intan Mutia(1*), Wahyu Nur Cholifah(2), Yulianingsih Yulianingsih(3)

(1) Informatika
(2) Informatika
(3) Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemerintah tidak semata-mata bertanggung jawab dalam hal upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk Kader.  Peran Kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat. Juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Proses penyebaran informasi di posyandu umumnya masih dalam bentuk pamflet dan buku panduan berwarna berukuran A3 (Flipchart). Buku panduan ini merupakan sumber utama posyandu dalam memberikan informasi layanan kesehatan kepada warga, hal ini selain merepotkan kader juga monoton dalam penyampaian sehingga dibutuhkan keahlian dan kreatifitas kader dalam menyampaikan materi yang baru. Tujuannya merupakan pelatihan peningkatan keterampilan kader posyandu dalam menyebarkan materi layanan kesehatan yang sudah diolah melalui ponsel Android, Kader posyandu lebih mudah dalam mengolah data layanan masyarakat menggunakan ponsel Android, Kader posyandu mampu membuat materi layanan kesehatan untuk kegiatan berkala penyuluhan masyarakat yang sudah dibuat untuk disebarluaskan menggunakan media Android. Hasil yang diperoleh dengan adanya pelatihan ini dapat membantu meningkatkan kinerja Kader Posyandu dalam menyebarluaskan informasi kesehatan masyarakat dengan lebih mudah, cepat dan efisien.


Keywords


posyandu; information technology; android

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dewi, D. S. (2017). Peran Komunikator Kader Posyandu Dalam Meningkatan Status Gizi Balita Di Posyandu Nurikelurahan Makroman Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 272–282.

Fithria, & Azmi, N. (2015). HUBUNGAN PEMANFAATAN POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI KECAMATAN KOTA JANTHO. Idea Nursing Journal, VI(1), 1–6.

Iswarawanti, D. N. (2010). KADER POSYANDU : PERANAN DAN TANTANGAN PEMBERDAYAANNYA DALAM USAHA PENINGKATAN GIZI ANAK DI INDONESIA. Manajemen Pelayanan Kesehatan, 13(04), 169–173.

Kesehatan, K., & RI. (2012). Ayo Ke Posyandu Setiap Bulan. In Pusat Promosi Kesehatan.

Prigianata, M. M. (2013). Sistem Informasi Posyandu Guna Mempermudah Pencatatan Pemeriksaan Berbasis Web. Journal of Information and Technology, 1(1).

Saepudin, E., Rizal, E., & Rusman, A. (2017). Peran Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anak. Record and Library Journal, 3(Juli – Desember 2017), 201–208.

Supriyanto, A., & Hartono, B. (2017). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI KADER POSYANDU. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 360–365. Denpasar-Bali.

Utomo, T., & Amin, I. H. Al. (2014). Sistem informasi penyuluhan posyandu berbasis web mobile. Dinamika Informatika, 6(2), 131–141.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.4158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.