Pembelajaran Matematika dengan Metode Math Is Fun untuk Meningkatkan Konsep Dasar Berhitung di Sekolah Dasar Negeri Depok

Heriyati Heriyati(1*), Munasiah Munasiah(2), Ade Lukman Nulhakim(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dari data hasil survei dan wawancara dengan pihak sekolah yang menyataka bahwa hasil Ujian Nasional Sekolah Dasar di Wilayah Depok dan Bogor baru-baru ini, yang dinilai kurang adalah Matematika. Guru-guru matematika masih menghadapi kesulitan dalam meningkatkan minat siswa terhadap matematika. Solusi yang ditawarkan menghadapi masalah tersebut adalah dengan memberikan  sosialisasi kepada guru tentang bagaimana menggunakan metode hitung cepat metode math is fun untuk meningkatkan kemampuan dasar berhitung peserta didik. Tujuan kegiatan ini adalah Memberikan pengetahuan tentang metode hitung cepat dalam operasi hitung, sehingga menambah ketrampilan dan peningkatan kompetensi guru dalam  pembelajaran matematika. Kemudian Memberikan latihan khusus untuk penggunaan metode hitung cepat math is fun dalam pembelajaran  matematika.  Secara umum dapat dikatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus praktek atau pelatihan khusus dalam pembelajaran matematika. Metode yang akan dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui beberapa tahap, yaitu observasi langsung, wawancara dengan pihak sekolah, presentasi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah guru dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai dengan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode dasar berhitung serta mengoptimalkan kemampuan dasar berhitungnya sehingga dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. (2015). Pedoman Penelitian Edisi XI.

Edina T, Sofia.2009. Pedoman Praktis Tugas-tugas Matematika untuk SD. Jakarta:Permata Puri Media.

Soleh, A., dan Ariati. (2011). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Psikologi Undip 10 (2), Oktober 2011

Undang-Undang RI No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2009). Bandung : Citra Umbara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.