Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Ibu dan Anak Serta Antaranak untuk Mereduksi Bullying

Mu'thia Mubasyira(1), Leni Tiwiyanti(2*), Mia Fitriah Elkarimah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDIT Bina Insani Muslim dengan melakukan seminar yang diaplikasikan dalam bentuk forum diskusi dan berbagi pengalaman bullying sebagai upaya untuk menciptakan sarana komunikasi yang efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para peserta kegiatan abdimas yang terdiri atas guru dan orang tua murid untuk mengenali faktor dan indikasi adanya bullying yang mungkin terjadi di sekolah. Dan memberikan pelatihan meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar orang tua murid dan murid serta antar murid untuk mereduksi bullying. Pelaksanaan pelatihan keterampilan berkomunikasi antar teman sebaya ini merupakan langkah tepat untuk memotivasi dan memberikan informasi antibullying kepada siswa di sekolah. Dan kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan per harinya ada dua sesi.  Kegiatan  ini menghasilkan simpulan bahwa komunikasi yang baik antara ibu dan anak dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengenali pelaku dan korban bullying,  dan kedekatan guru dan murid mampu menjembatani permasalahan bullying di sekolah dengan melihat pada bagaimana sesama murid bersosialisasi


Keywords


bullying; keterampilan berkomunikasi; mereduksi; SDIT Bina Insani Muslim

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agus M. H. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Alo, L. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media GroupHockenberry

Alwi, H. dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

M. J & Wilson, D. (2009). Wong’s essential of pediatric nursing, 8th edition. St. Louis: Mosby Year Book

Liu, J., & Graves, N. (2011). Childhood bullying: A riview of construct, context and nursing implication. Public Health Nurse

Tsitsika, A.K et al. (2014). Bullying behavior in children and adolescent and ongoing story. rontiers in Public Health

Veenstra, R., Lindenberg, S., De Winter, A.F., Oldehinkel, A.J., Verhulst, F.C., & Ormel, J. (2005). Bullying and Victimization in Elementary School: A Comparison of Bullies, Victims, Bully/ Victims, and Uninvolved Preado-lescents.

Wolke, D., & Skew, A.J. (2012). Family factors, bullying victimization and wellbeing in adolescent. Longitudinal and Life Course Studies

https://media.neliti.com/media/publications/128835-ID-mengurangi-bullying-melalui-program-pela.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.