Nilai-Nilai Situs Bersejarah di Sumatera Selatan Sebagai Penguat Karakter di SMK PGRI Lahat
(1) Universitas PGRI PAlembang
(2) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(3) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(4) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(5) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(6) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(7) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(8) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk memahami dan mengetahui nilai-nilai situs bersejarah di Sumatera Selatan oleh para guru mata pelajaran sejarah yang dianggap selama ini hilang tanpa ada pengkajian yang mendalam. Selain itu adalah untuk menguatkan karakter melalui pembelajaran nilai-nilai situs bersejarah yang ada di Sumatera Selatan. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pertama, melakukan persiapan awal mulai dari pengadministrasian dan sebagainya, kedua melaksanakan pemaparan materi atau penjelasan-penjelasan sesuai materi yang tersedia, ketiga, melakukan revew intensif dengan pemahaman kepada seluruh peserta dan yang terakhir adalah evaluasi kegiatan dari awal sampai akhir dengan memastikan semua peserta dapat memahami apa yang disampaikan kepada pemateri hingga penerapannya. Adapun sebagai hasil dan kesimpulannya adalah hampir sebagian besar para guru mata pelajaran sejarah kurang memahami materi-materi situs bersejarah di Sumatera Selatan sehingga berdampak kepada miskinnya materi ajar atau bahan ajar yang digunkan ketika mengajarkan tentang sejarah di kelas. Selain itu perlunya pemahaman guru dalam mengakaji situs-situs bersejarah sehingga kayanya materi sejarah yang akan disampaikan kepada siswa maka akan berdampak positif juga dalam meningkatkan penguatan karakter siswa-sisiwi melalui pembelajaran nilai-nilai situs bersejarah yang ada di Sumatera Selatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akinoglu, O. (2005). History Education and Identity. International Journal of Historical Learning, Teaching and Research. Vol. 2, No.1; 2005. 234-242.
Collingwood, R.G. (2001). The Principles of History. United States: Oxford University Press.
Madji, H. dkk. (2014). Sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya di Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Mattar, N., & Khalil, R. (2010). Character Education Seeking The best of both Worlds: A Study of Cultural Identity and Leadership in Egypt. The International Journal of Interdisiplinary Social Science. Vol. 5. No. 11; 23-52.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Karakter. Bandung: Rosda.
Stearns, P.N., Seixas, P., Winneburg, S. (2000). Teaching and Learning History. New York: New York University & American Historical Association.
Sholeh, K. (2017). Prasasti Talang Tuo Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Sebagai Materi Ajar Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Historia UM Metro Vol.5 No 2. 2017. hl. 173-192.
Sholeh, K. (2018a). Eksistensi Jembatan Ampera Terhadap Perkembangan Sosial, Budaya, dan Ekonomi Masyarakat Ulu Palembang Tahun 1950-2010, Jurnal Historia UM Metro. Vol. 6 No.2. 2018. hl. 27-294.
Sholeh, K. (2018b). Keberagaman Masyarakat dan Toleransi Beragama Dalam Sejarah Kerajaan Sriwijaya (suatu analisis historis dalam bidang sosial, budaya, Ekonomi dan agama. Jurnal Siddhayatra, Vol. 23. No.1 2018. hl. 1-12.
Sholeh, K. (2019). Jalur Pelayaran Perdagangan Kuno di Selat Bangka Sebagai Letak Strategis Berkembangnya Kekuasaan Maritim Sriwijaya Abad VII-VIII Masehi.Jurnal SINDANG Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, Vol.1 No.1 2019. hl. 25-26.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.