Peran Orang Tua dan Guru dalam Meminimalisir Pengaruh Media Elektronik Televisi Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar

Yunita Endra Megiati(1*), Fibria Anggraini Puji Lestari(2), Noor Komari Pratiwi(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan mengadakan penyuluhan edukasi menggunakan metode ceramah dan diskusi kepada orang tua peserta didik dan guru mengenai pentingnya mengawasi secara langsung saat anak-anak menonton media elektronik televisi. Program ini bermitra dengan madrasah ibtidaiyyah atau setingkat dengan sekolah dasar yang berlokasi di daerah Kampung Kebantenan, Kecamatan Jati Asih, kota Bekasi, Jawa Barat. Penyuluhan diberikan dengan bantuan media audiovisual in-focus.Pengaruh yang ada di dalam media massa elektronik televisi terhadap pendidikan anak sekolah dasar sungguh memprihatinkan. Diketahui bahwa semakin sering anak menghabiskan waktu untuk menonton televisi, semakin kuat pula kecenderungan untuk menyamakan realita di televisi dengan realita sosial di masyarakat. Banyak tayangan atau tontonan yang mengandung unsur kekerasan atau hal negatif di televisi membuat anak-anak menirunya.Tujuan utama dari pengabdian kepada masyarakat ini agar orang tua dan guru dapat meminimalisir pengaruh dari tayangan media elektronik televisi yang sehari-hari dilihat oleh peserta didik tingkat sekolah dasar agar tidak mengganggu masa keemasan yang seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para orang tua dan guru sehingga prestasi belajar anak dapat tercapai dengan baik pula


Keywords


pengaruh media elektronik televisi; perkembangan anak sekolah dasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Canggara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaplin, J.P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kuswandi, W. (1996). Komunikasi Massa; Sebuah Analisis Isi Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Semiawan, C. R. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar.Jakarta : PT.Indeks.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja RosdaKarya

Taufiq, A.,dkk. (2012). Materi Pokok Pendidikan Anak di SD;1-9. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Vera, N. (2010). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Renata Pratama Media.

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja RosdaKarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.