Pengenalan Gerakan Literasi pada Masyarakat

Sanusi Sanusi
Agung Prasetyo

Abstract


Budaya Literasi harus terus dikembangkan mengingat bahwa melalui membaca maka kualitas pendidikan yang tinggi dapat tercipta. Semua elemen harus saling bantu-membantu agar kebiasaan membaca ini menjadi suatu kebutuhan baik di tingkat keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Gerakan Literasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi penopang bagi berhasilnya gerakan literasi. Dengan mengenalkan gerakan literasi pada masyarakat di  di RT 003 kampung Choblong Desa Cibereum Cisarua Bogor dan RT 002 Desa Sukamanah Mega Mendung Bogor Jawa Barat, maka masyarakat akan semakin Membaca semakin penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca. kemampuan membaca merupakan tuntutan realitas kehidupan sehari-hari manusia. Beribu judul buku dan berjuta Koran diterbitkan setiap hari. Walaupun informasi bisa ditemukan dari media lain seperti televisi dan radio, namun peran membaca tak dapat digantikan sepenuhnya. Membaca tetap memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari karena tidak semua informasi bisa didapatkan dari media televisi dan radio. Keluarga merupakan pusat pembelajaran, oleh karenanya Gerakan Literasi harus dimulai pada tingkat yang paling kecil di masyarakat yaitu di dalam keluarga. Gerakan Literasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun keluarga, sekolah, dan masyarakat menjadi penopang bagi berhasilnya gerakan literasi.


Keywords


pengenalan; literasi; masyarakat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Permendikbud Nomor 23 tahun 2015

QS Al-Alaq (96) ayat 1-5.

http//:www.kemendikbud.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3352

Article metrics

Abstract views : 4 | Full Text views : 6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.