Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi

Indah Purnama Sari
Maemunah Nurmaya Sari
Zaeni Miftah

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi pada saat ini guru dapat menggunakan alat bantu media audio visual  dalam proses pembelajarannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari verbalisme yang mungkin terjadi jika hanya menggunakan alat bantu visual saja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru dalam menghadirkan alat bantu belajar media audio visual berbasis teknologi informasi. Output yang ingin dihasilkan dari kegiatan ini adalah kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif. Para guru dalam kegiatan ini mendapatkan pelatihan menggunakan microsoft powerpoint dengan macro untuk menyajikan media pembelajaran interaktif  yang menarik. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif akan dapat mengatasi sikap pasif siswa dan menimbulkan  gairah belajar. Tentu saja tujuan akhir dari kegiatan ini adalah prestasi belajar siswa akan semakin meningkat. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme para guru dalam mempelajari Ms PowerPoint dengan macro. Proses pelatihan memakan waktu yang cukup panjang hampir 6 jam, dikarenakan para guru sebagian masih awam dengan Ms. PowerPoint sehingga proses membuat template slide cukup lama. Tim memandu peserta satu-persatu agar bisa menyelesaikan latihan sesuai dengan instruksi instruktur pelatihan. Para guru berharap pelatihan bisa dilanjutkan secara berkesinambungan karena merasakan manfaat yang besar dari diadakannya pelatihan ini.

 


Keywords


pelatihan; media pembelajaran; interaktif; ms. powerpoint

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Lestari, Sudi, dkk. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Unindra Press.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3049

Article metrics

Abstract views : 9 | Full Text views : 7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indah Purnama Sari, Maemunah Nurmaya Sari, Zaeni Miftah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.