Pelatihan Microsof Word dengan Tema “Crate And Editing Teks” untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Indra Kurniawan(1*), Nur Alamsyah(2), Ambar Tri Hapsari(3)

(1) univeristas indraprasta PGRI
(2) univeristas indraprasta PGRI
(3) univeristas indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu penerapan teknologi informasi yang akan dikembangkan adalah penerapan Microsoft Office untuk pengembangan bahan ajar atau penulisan karya ilmiah. Microsoft mengembangkan salah satu  program  (software)  yang  dapat  digunakan  untuk  pembuatan dokumen dan untuk mempresentasikan materi kepada audiens, termasuk di dalam proses pembelajaran di sekolah, yakni Microsoft Word. Program pengabdian masyarakat ini mengedepankan bagaimana proses pembinaan guru mengenai pemanfaatan aplikasi MS Word dalam pembuatan daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Pustaka dan Kutipan sebagai dasar tata cara penulisan karya ilmiah. Sebelum  melakukan  kegiatan  pengabdian  masyarakat,  tim  dosen  melakukan riset tentang beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra SD Negeri 1, dan SD Negeri 2 Setu. Metode yang dipakai adalah pengamatan secara langsung dan melakukan kegiatan wawancara. Dari   hasil   riset   yang   dilakukan   oleh   tim dosen,  maka  dipilih  satu  permasalahan yang dihadapi  oleh  para  guru,  yaitu kendala  pembuatan  bahan  ajar  dikarenakan  kurangnya  kemampuan penggunaan Microsoft WordSolusi yang ditawarkan oleh tim dosen dalam   melakukan   pengabdian masyarakat ini adalah dengan cara memberikan pelatihan kepada guru di SD Negeri 1, dan SD Negeri 2 Setu, yang masih kesulitan dalam penggunaan Microsoft Word. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tenaga pengajar dalam mengembangkan bahan ajar di sekolah

Keywords


microsoft word; crate and editing; kinerja guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Boeykens, S., Falcó, C. A., Ruiz Vázquez, M. M., & Tortorelli, M. D. C. (2015). Evaluation of an Organic Waste Composting Device to Household Treatment. Journal of Sustainable Development of Energy, Water and Environment Systems, 3(3), 245-255.

Papadopoulos, A. E., Stylianou, M. A., Michalopoulos, C. P., Moustakas, K. G., Hapeshis, K. M., Vogiatzidaki, E. E. I., & Loizidou, M. D. (2009). Performance of a new household composter during in-home testing. Waste management, 29(1), 204-213.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.