Menumbuhkan Minat Berwirausaha melalui Pelatihan Perancangan Model Bisnis Kanvas

Larisa Yohanna(1*), Endang Sondari(2)

(1) Indraprasta PGRI University
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberadaan Pendidik sebuah bangsa merupakan faktor yang harus diperhatikan dengan serius oleh semua pihak yang berkepentingan, yang memiliki kepedulian bukan hanya terhadap bidang pendidikan, namun juga kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat. Pemberian keterampilan melalui program Life Skill kepada masyarakat belum  dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan. Pengenalan model bisnis kanvas dapat bersinergi dengan Life Skill yang mereka dapatkan. Kegiatan pelatihan perancangan model bisnis kanvas bertujuan agar minat berwirausaha masyarakat tumbuh seiring dengan bertambahnya pemahaman mereka bahwa memulai usaha  sangatlah mudah, dengan perancangan model bisnis yang simpel namun terarah. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut : 1) Sebelum diadakan pelaksanaan kegiatan, minat berwirausaha peserta terindikasi rendah, hanya 8,3 % yang berminat  untuk berwirausaha, dan 2) Adanya peningkatan minat peserta untuk berwirausaha setelah pemberian materi motivasi dan pengenalan perancangan model bisnis kanvas, dengan tingkat minat berwirausaha sebesar 64,2%.

 

Kata Kunci : Perancangan Model, Model Bisnis Kanvas, Minat Berwirausaha


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andi. (2015). 20 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Ekonomi. http:// www. orangbejo.com/2015/12/20-pengertian- kewirausahaan-menurut.html. Diakses 15 Desember 2017.

Anwar. (2004). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.

Brodjonegoro. (2017). Kemiskinan dan Pengangguran. http: //bisnis.liputan6 . com/read/2590110/ini-target-angka-kemiskinan-dan-pengangguran-ri-di-2017. Diakses 9 Januari 2018.

Depdiknas. (2002). Pengembangan Pelaksanaan Broad-Based Education, High-Based Education, dan Life Skills di SMU. Jakarta: Depdiknas.

IOWA State University. (2003). Incorporating Developmentally Appropriate Learning Opportunities to Assess Impact of Life Skill Development. http://www.extension.iastate.edu/4H/lifeskills. Diakses 15 Desember 2017.

Ostewalder, A. and Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i01.2961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.