Pemanfaatan Smartphone untuk Foto Produk di Komunitas Daluwang Desa Cikedung Lor Indramayu

Agung Zainal Muttakin Raden(1*), Yulianeta Yulianeta(2), Dadang Sunendar(3), Tri Indri Hardini(4), Halimah Halimah(5), Dewi Prajnaparamitha Amandangi(6), Lili Adi Wibowo(7)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(2) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia
(7) Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Daluwang, yang diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) sejak 2014, memiliki potensi ekonomi besar, namun pemanfaatannya masih terbatas. Di Desa Cikedung Lor, pengrajin menghadapi kendala minimnya diversifikasi produk dan kurangnya strategi pemasaran modern, sehingga hasil produksi sulit bersaing di pasar luas. Pemanfaatan smartphone untuk foto produk dapat mendukung pemasaran tidak hanya daluwang tapi produk-produk lainnya yang dihasilkan oleh komunitas ini. Tantangan yang dihadapi adalam kurangnya keterampilan dalam mepresentasikan peroduk secara menarik. Melalui pelatihan ini diharapkan para anggota komunita mampu memaksimalkan penggunaan smartphone untuk foto produk yang dihasilkan. Pelatihan fotografi produk menggunakan smartphone difokuskan pada teknik dasar pencahayaan, komposisi, dan pengeditan, sehingga pengrajin mampu menghasilkan foto berkualitas untuk promosi di media sosial dan platform daring. Hasil pelattihan ini memperlihatkan pengingkatan signifikan dalam kualitas pemotretan produk. Program pelatihan ini membuktikan bahwa teknologi smartphone dapat digunakan menjadi alat pemberdayaan yang efektif dalam mendukung ekonomi kreatif berbasis budaya lokal.

Keywords


Daluwang; Warisan Budaya Tak Benda (WBTBI); Smartphone; Fotografi Produk; Pemberdayaan Ekonomi Kreatif

Full Text:

PDF

References


Bangerter, B., Talwar, S., Arefi, R., & Stewart, K. (2014). Networks and devices for the 5G era. IEEE Communications Magazine, 52(2), 9096. https://doi.org/10.1109/MCOM.2014.6736748

Nugraheny, D., Pujiastuti, A., Sudaryanto, S., Wintolo, H., Agustian, H., Aryanto, S., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A. S. (2022). Pendampingan dan pelatihan cara pengambilan foto produk UMKM untuk pemasaran di media sosial. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1017

Oetari, A., Susetyo-Salim, T., Sjamsuridzal, W., Suherman, E. A., Monica, M., Wongso, R., Fitri, R., Nurlaili, D. G., Ayu, D. C., & Teja, T. P. (2016). Occurrence of fungi on deteriorated old dluwang manuscripts from Indonesia. International Biodeterioration & Biodegradation, 114, 94103. https://doi.org/10.1016/j.ibiod.2016.05.025

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522

Tanjung, M. R. (2019). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 224234.

Teijgeler, R. (2016). DLUWANG: Cultural-historical aspects and material characteristics. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4073.2407

Xia, F., Hsu, C.-H., Liu, X., Liu, H., Ding, F., & Zhang, W. (2015). The power of smartphones. Multimedia Systems, 21(1), 87101. https://doi.org/10.1007/s00530-013-0337-x




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.29071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.