Lokakarya Perencanaan Pembelajaran bagi Guru Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bogor
(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Lokakarya perencanaan pembelajaran merupakan salah satu siklus dalam kegiatan implementasi kurikulum merdeka dalam Program Sekolah Penggerak. Tujuan pembelajaran adalah para guru memahami fasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid di satuan pendidikan dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Lokakarya dilaksanakan selama 8 Jam Pelajaran dengan metode pelaksanaan berupa ceramah, pengerjaan lembar kerja dan diskusi yang disesuaikan dengan konsep pembelajaran orang dewasa (andragogi). Kegiatan dilaksanakan di Biglang Sentul Hotel & Convention, Sentul Jawa Barat pada 12 November 2022. Lokakarya dihadiri oleh 18 peserta yang terdiri atas 3 orang pengawas, 5 kepala sekolah dan 10 orang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Hasil lokakarya adalah revisi rancangan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan detail teknik fasilitasi yaitu terdapat pertanyaan pemantik dan rencana kegiatan diskusi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Rekomendasi untuk kegiatan ini adalah para para guru yang didukung oleh pengawas dan kepala sekolah dapat mengimplementasikan rancangan modul pembelajaran yang tepat dan menyampaikan pengetahuan ini kepada guru-guru lain disatuan pendidikan masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.
Bryson, J. M. (2004). Strategic planning and decision-making for public and non-profit organizations. In Jossey-Bass. John Wiley and Sons. https://doi.org/10.4324/9781315640686
Fornaciari, C. J., & Lund Dean, K. (2014). The 21st-Century Syllabus: From Pedagogy to Andragogy. Journal of Management Education, 38(5), 701–723. https://doi.org/10.1177/1052562913504763
Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, XXII(1), 65–71.
I Putu Widyanto, & Endah Tri Wahyuni. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–35.
Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.
Julifan, J. A. (2015). Efektivitas Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(2), 1–12.
Kane, M., & Trochim, W. M. K. (2007). Concept Mapping for Planning and Evaluation. SAGE Publications.
Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2, 1(2), 271–279. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.169
Lund Dean, K., & Fornaciari, C. J. (2014). The 21st-Century Syllabus: Tips for Putting Andragogy Into Practice. Journal of Management Education, 38(5), 724–732. https://doi.org/10.1177/1052562913504764
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97.
Prasetyono, H., Hapsari, V., Nurfahana, A., Ramdayana, I. P., & Widjajanto, T. (2024). Lokakarya Merancang Dan Memandu Refleksi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 266–278.
Prihantini, Tyara, Dinila, Puspitasari, & Khairunnisa. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(4), 121–126.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahman, B. (2018). Refleksi Diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Paedagogia, 17(1), 1–12. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia
Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, dan Ceramah Sebagai Problem Solving dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, XXXII(2), 207–219.
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. TARBAWI, 3(02), 183–193.
Ulfah, M. (2012). Optimalisasi hasil belajar IPA tentang sistem gerak pada manusia melalui metode diskusi dengan tehnik pembelajaran tutor sebaya. Dinamika, 3(1), 19–24.
Utami Maulida. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Vincent, J. M. (2006). Public Schools as Public Infrastructure Roles for Planning Researchers. Journal of Planning Education and Research, 25(1), 433–437. https://doi.org/10.1177/0739456X06288092
Yuliyanto, E., Fatichatul Hidayah, F., Perdana Istyastono, E., & Wijoyo, Y. (2018). Analisis Refleksi Pada Pembelajaran: Review Reasearch. Seminar Nasional Edusainstek ISBN : 978-602-5614-35-4 FMIPA UNIMUS 2018, 30–37.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.28308
Refbacks
- There are currently no refbacks.