Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis Literasi dengan Memanfaatkan Artificial Intelegent di SMP 216 Jakarta

Eddy Saputra(1*), Rayung Wulan(2), Nur Ali(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam menjawab soal literasi yang diberikan. Guru dalam memberikan soal narasi dimana makna yang sulit dimengerti siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang soal yang tidak hanya mengukur pemahaman siswa secara kognitif, tetapi juga mendorong pemikiran kritis dan analisis sesuai dengan standar literasi. Dalam pelatihan ini, AI dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam menghasilkan, menganalisis, dan menyesuaikan soal agar lebih variatif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif bagi guru, terutama dalam efisiensi waktu penyusunan soal, peningkatan kualitas butir soal, serta pemanfaatan teknologi dalam proses asesmen. Implementasi AI dalam penyusunan soal berbasis literasi juga membuka peluang inovasi dalam pembelajaran yang lebih adaptif dan berbasis data. Oleh karena itu, pelatihan semacam ini perlu terus dikembangkan untuk mendukung peningkatan kualitas asesmen pendidikan di era digital.


Keywords


Penyusunan Soal, Literasi, Artificial Intelligence

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andri Nurcahyono, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.

Gisni Anjarrani, & Meyta Dwi Kurniasih. (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2). https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20092

Hanafi, A. M., & Minsih, Nf. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum Sebagai Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p204--220

Handayani, L., Rusilowati, A., Mindyarto, B. N., Astuti, B., Sutikno, S., Prayitno, W. S. W., Kusuma, G. S., Maulana, H. C., Salsabila, A. N., & Vivadi, M. R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menyusun Stimulus Asesmen Literasi Numerasi Guru IPA Kabupaten Banjarnegara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(4). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.17344

Hidayat, D. (2020). Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelatihan Kewirausahaan. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4193

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2). https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengembangan Soal-Soal Literasi dan Numerasi Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1313

Prajogo, U., Bunyamin, B., Munfaqiroh, S., Lindananty, L., Andiani, L., & Sunarto, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran pada Guru Pondok Pesantren El Jasmeen. Community Reinforcement and Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.35584/reinforcementanddevelopmentjournal.v3i1.166

Rosalia, D. R., & Masruri, A. (2024). Peningkatan Literasi Informasi Melalui Seminar Pengenalan Artificial Intelligence dan Ragam Research Tools dalam Penulisan Karya Ilmiah di Perpustakaan STIPRAM Yogyakarta. Jurnal Adabiya, 26(1). https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21328

Rumakaway, S. M., Soumokil, A., & Hatala, R. (2022). Peranan Pojok Baca alam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).

Ruslan, R., Lu’mu, L., Vitalocca, D., Yusuf Mappeasse, M., & Hasrul, H. (2023). PKM Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Bagi Guru Smp Di Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.294

Subowo, E., Dhiyaulhaq, N., & Wahyu, I. (2022). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3). https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3505

Vonny, V.-, Nihlah, K., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2021). Mempromosikan Literasi Biologi kepada Siswa Sekolah Menengah: Pengembangan Instrumen Tes untuk Kelas VII. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3249

Zahrah, M. (2024). Penelitian Literasi Matematis di Sekolah: Pengertian dan Kesulitan-Kesulitan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29024




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.28087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.