Optimalisasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar melalui Pendekatan Budaya Lokal
(1) 
(2) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
(3) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan PKM bertujuan untuk mengoptimalisasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar melalui pendekatan budaya lokal dengan melibatkan 10 guru SD Negeri Boli Pintas. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan teknik ceramah, diskusi, dan penelusuran yang mencakup tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan identifikasi nilai-nilai budaya lokal yang relevan. Tahap pelaksanaan melibatkan integrasi budaya lokal dalam kegiatan P5, yakni diskusi budaya dan proyek kolaboratif berbasis komunitas. Evaluasi dilakukan melalui wawancara. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa melalui penyuluhan, diskusi dan penelusuaran terhadap budaya lokal, pelaksanaan P5 berbasis budaya lokal dapat direncanakan dengan baik oleh para Guru SD Negeri Boli Pintas. Selain itu, dalam pelaksanaan P5 berbasis budaya lokal dapat memuat nilai-nilai terutama dalam hal kebijaksanaan, tanggung jawab, penghormatan, keadilan, kejujuran, dan kepercayaan yang berasal dari peribahasa dan cerita rakyat setempat. Dengan pendekatan ini, guru dapat lebih efektif dalam membangun karakter siswa yang selaras dengan prinsip Pancasila, sekaligus melestarikan kearifan lokal dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Eriyani, F. (2012). Perspektif Sosiologis Tentang Sekolah Berstandar Internasional Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Demokrasi 11(1) p. 284-292.
Gunawan, I.G.D., (2017). Penanaman Nilai-Nilai Belum Bahadat Dan Huma Betang Dalam Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2 p. 62-72.
Latifah, U., Raharjo, T.J., & Yuwono, A. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Tema Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), p. 1736-1745.
Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, Fatmawati, Astuti, T.I, & Mrihatini, A. (2021). Penguatan generasi cerdas dan berkarakter bagi masyarakat Tangen, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), p. 63-73.
Syaumi, I.K., & Dewi, D.A. (2022) Implementasi Nilai-nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), p. 1957-1963.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), p. 29–39
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27901
Refbacks
- There are currently no refbacks.