Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Konten Media Sosial bagi UMKM Pancoran Mas Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berjudul PKM Pelatihan Perencanaan Konten Media Sosial Pada Anggota UMKM MAPAN Pancoran Mas Depok dilaksanakan mulai dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Kegiatan ini diawali oleh observasi dan penjajakan pada mitra Abdimas pada Februari 20024. Pelatihan menyusun strategi konten media sosial pada 17 Oktober 2024. Dari kegiatan ini sekitar 23 anggota UMKM MAPAN mendaftar, namun hanya 15 peserta yang hadir. Dalam pelatihan menyusun strategi konten media sosial, dibahas mengenai peran media sosial, mengenal platform media sosial, pilar konten dan menyusun jadwal konten. Setelah kegiatan pelatihan berakhir, pendampingan terhadap anggota UMKM dilaksanakan melalui grup WhatsApp selama dua bulan, yaitu mulai dari Oktober sampai Desember 2024. Hasilnya, 76% peserta sudah memiliki media sosial lebih dari 10 tahun. Sebanyak 60% peserta rutin mengunggah konten dalam media sosial mereka. Kendala yang dihadapi oleh peserta antara lain 38,46% mengaku kesulitan mencari ide konten, 15,38% tidak memahami bagaimana membuat konten, serta 7,68% kesulitan mengatur waktu dalam membuat konten, karena alasan ini pulalah yang membuat peserta pelatihan sebanyak 28% tidak memperbarui konten media sosial mereka. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta UMKM termotivasi untuk membuat konten. Jika peserta UMKM MAPAN Pancoran Mas Depok rutin mengunggah konten media sosial, maka akan menjalin keterikatan terhadap pengikutnya dan memperluas wilayah pemasaran produk mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. https://survei.apjii.or.id/survei?emailSent=1
Ardiyono, M. R., Hermawan, D., Siregar, H. B., Saputra, F., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2024). Eksplorasi TikTok sebagai Media Pemasaran Efektif Bagi UMKM. Indonesian Journal of Economics, 1(11), 1206–1213.
Ayuningrum, R. (2024). BUMN Targetkan Belanja UMKM Rp 20 M Lewat PaDi UMKM Expo 2024. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7434536/bumn-targetkan-belanja-umkm-rp-20-m-lewat-padi-umkm-expo-2024
Febrianty, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial. In Pancasila: Jurnal Keindonesiaan. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
Iman, D., Zainul, K., & Kholid Mawardi, A. M. (2015). PENGARUH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN KONSUMEN PADA PRODUK INTERNASIONAL (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 24(1), 1–9.
Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan Umkm Di Indonesia. 1–47.
Khaira, U., Suratno, T., Noverina, Y., Abidin, Z., & Hutabarat, B. F. (2022). Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 314–326. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237
Kurniawan, F. (2020). Digital Dilema Problem Kontemporer Adopsi Media Digital di Indonesia (I. Jemadi (ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.
Larasati, S. A., Istiqomah, A., Ramadani, A. S., Khoiriyah, A., & Radianto, D. O. (2024). Peran Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 321–332. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2867
Lehmann, W. (2023). Social Media Theory and Communications Practice. In Social Media Theory and Communications Practice. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003255734
Mustika, S., Tiara, A., & Corliana, T. (2021). Pelatihan Membuat Konten Promosi di Media Sosial bagi UMKM Mitra Masjid. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(2), 59. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i2.644
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi (N. S. Nurbaya (ed.); 1st ed.). Simbiosa Rekatama.
Rokhmah, Eliya, Betty, Yahya, & Ismail. (2020). Tantangan , Kendala , Dan Kesiapan Pemasaran. Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1), 20–31. https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/filantropi/article/view/2420/824
Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Sholihin, U., & Mukhlis, I. (2023). Penggunaan Media Sosial dan Market Place Untuk Mengembangkan Pemasaran UMKM. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 204–218. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.2266
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i1.590
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27752
Refbacks
- There are currently no refbacks.