Pelatihan Pengembangan Media Ajar Flashcard Menjadi Flashcard Magnet pada Guru PAUD An-Nisa Jakarta Timur
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Media pembelajaran adalah sebuah alat perantara yang dijadikan sebagai penyampaian pesan untuk merangsang pola pikir, perasaan, dan kemampuan belajar agar proses belajar mengajar lebih menarik dan menimbulkan minat anak sebagai peserta didik. Anak usia dini memiliki perhatian yang pendek dan mudah bosan dengan menggunakan metode pembelajaran yang cenderung monoton dan berulang, sedangkan dalam proses belajar mengajar penting kiranya menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Salah satu cara agar anak usia dini dapat tertarik dalam proses belajar ialah dengan menggunakan media pembelajaran flashcard. Penggunaan flashcard diharapkan dapat membantu dalam memberikan pembelajaran terkait kognitif (pengetahuan), psikomotorik (gerak), dan sensor motorik sesuai dengan usia anak. Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan pelatihan dalam pengembangan media ajar yaitu flashcard magnet. Tujuan kegiatan PKM ini agar pemanfaatan media pembelajaran flashcard magnet diharapkan mampu menjadi sarana untuk menarik minat anak-anak sehingga menimbulkan rasa penasaran dalam mengikuti proses belajar dan dapat melatih sensorik jari anak-anak saat menggunakan flashcard magnet. Selain itu, agar lebih membuka wawasan guru terkait pemilihan media pembelajaran untuk anak usia dini. Hasil kegiatan PKM menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan dengan tema mengembangkan media ajar dapat membantu para guru PAUD lebih terbuka dalam menambah wawasan berinovasi pada media pembelajaran yang sudah ada untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alfianah1, Y., Umami2, S., & Brescia3, R. (2025). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR DI TK KHATIBUL ILMI KAB. TANGERANG. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 08(01).
Apipah, I., Rahmawati, I., & Noviyani, L. (2023). Peran Pendidikan Anak Usia Dini pada Perubahan Sosial Masyarakat di Dusun Cicurug Desa Cibanten. https://doi.org/10.62515/eduhappin
Dumbi, K. S., & Indrasari, S. Y. (2024). Encourage Teacher Innovative Behavior : The Interaction Role of Cognitive Flexibility and Teacher Self-Efficacy. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 10(1), 314. https://doi.org/10.33394/jk.v10i1.10897
Herdi, Filtri, H., & Rizky, R. (2023). Pelatihan Strategi Pembelajaran PAUD Menggunakan Metode Story Telling bagi Pendidik PAUD. ABDIMAS Lectura, 1, 271–281. https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/issue/view/639
Meriyati. (2015). MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK DIDIK (1st ed.). Fakta press IAIN Raden Intan Lampung.
Rijalul Akbar, M. (2022). FlashCardSebagaiMediaPembelajarandanPenelitian (M. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). penerbithaura.com. https://www.researchgate.net/publication/362333534
Rodiyana, R., & Puspitasari, W. D. (2021). Karakteristik dan Perbedaan Individu dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Educatio, 7(3), 796–803. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1227
Saputri, S. W. (2020). PENGENALAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS. Jurnal ABDIKARYA, 2(1), 56.
Siska Silvia, A., & Dela Zahara, dan. (2024). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Interaksi Siswa Melalui Pembelajaran Bermain di TK Lukman Al Hakim. https://doi.org/10.62515/eduhappin
Utami Putri, S., Noor Restya, D., Afra Rafifah, F., & Alfira Muklis, F. (2024). Pelatihan Penggunaan Book Creator Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru-guru PAUD Training on Using Book Creator As Digital Learning Media for Early Childhood Teachers. In Abdimas Galuh (Vol. 6, Issue 2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27674
Refbacks
- There are currently no refbacks.