Edukasi Green Consumers Menggunakan Tumbler pada Generasi Z sebagai Langkah Ramah Lingkungan

Arum Sanjayanti(1*), Mashudi Alamsyah(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingkat konsumsi minuman kemasan sangat tinggi berdampak pada meningkatnya  sampah botol plastik terutama generasi muda. generasi  muda  atau generasi Z kurang kesadaran terhadap edukasi tentang sampah botol plastik sebab generasi Z tumbuh di era yang penuh dengan kemudahan teknologi dan konsumsi barang sekali pakai, termasuk air kemasan, minuman ringan, dan botol sekali pakai sangat mudah dijangkau, murah, dan praktis. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat (PKM) berupa penyuluhan dalam bentuk sosialisasi green consumers menggunakan tumbler  pada generasi Z di sekolah SMKS Darul Ma’arif. Penelitian ini menggunakan metode participatory action research. Jumlah populasi sebanyak 30 siswa kelas XI IPA secara purposive sampling sesuai hasil dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kampus Mengajar. Kegiatan pengabdian masyarakat disekolah dimulai dengan persiapan, ceramah, dan pelaksanaan. Hasil yang diperoleh selama kegiatan penyuluhan tersebut yaitu peningkatan kesadaran membawa tumbler/produk (reusable)  berdampak positif terhadap iklim di lingkungan disekolah, siswa dapat memainkan peran besar dalam mengurangi jejak plastik melalui pilihan-pilihan yang lebih bijak dengan pemanfaatan kembali (upcycling) dan tumbler (reusable) dapat mengurangi biaya konsumsi sehari-hari. Lebih lanjut, hal tersebut membentuk kebiasaan hidup siswa menjadi zero waste, dan mencipkatakan pola pikir ekonomis dalam memanfaatkan sampah botol plastik ramah lingkungan.


Keywords


Generasi Z; Green consumers; Tumbler

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Surata, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding By Design (Ubd) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Widyadari, 25(1), 157-172.

Agarwal, R., Gera, Y., Amar, A., & Thomas, M. R. (2020). Generation Z preference on reusable food container on subscription basis. Indian Journal of Commerce and Management Studies, 11(2), 53-62.

Arifin, Z., Ariantini, M. S., Sudipa, I. G. I., Chaniago, R., Dwipayana, A. D., Adhicandra, I & Alfiah, T. (2023). GREEN TECHNOLOGY: Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Buroidah, H., Anwar, M. K., & Hasan, M. U. (2024). Studi Praktik Gaya Hidup Berkelanjutan Lulusan Sarjana Ilmu Sains: Identifikasi Tantangan dan Hambatan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(3), 319-329.

Chen, Y., Awasthi, A. K., Wei, F., Tan, Q., & Li, J. (2021). Single-use plastics: Production, usage, disposal, and adverse impacts. Science of the total environment, 752, 141772.

Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. California: Sage Publications, Inc.

Dewi, N. M. N. B. S. (2022). Studi Literatur Dampak Mikroplastik Terhadap Lingkungan. SOSIAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2), 239-250.

Fitri, N. N., Wulandari, E., Budiman, M. A., & Ernah, E. (2024). Minat Beli Generasi Z terhadap Tumbler dan Sedotan Ramah Lingkungan. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 702-716.

Gibson, N., Gibson, G. & MacAulay, A. C. (2001). Community-based research. In J. Morse, J. Swanson & A. Kuzel (Eds). The Nature of Qualitative Evidence (pp.161-182). Thousand Oaks, CA: Sage.

Gilbert, K.R. (2001). The Emotional Nature of Qualitative Research. London: CRC.

Hastomo, W., Saputro, A. E., Huda, S., Chufran, I. B., & Fitriansyah, R. (2023). Edukasi Sikap Dan Perilaku Menuju Zero Waste Dengan Kampanye Tumbler. Prosiding Sembadha, 4, 76-76.

Khalil, S., Ismail, A., & Ghalwash, S. (2021). The rise of sustainable consumerism: evidence from the Egyptian generation Z. Sustainability, 13(24), 13804.

Leal Filho, W., Finisterra Do Paco, A., & Raposo, M. L. B. (2009). Identifying the green consumer: A segmentation study. marketing, 3, 4.

Lestari, B., Yumni, A., Ramadhani, C., Putri, F. A., Salsabila, N. S., Purba, N. H., & Syahfitri, Y. (2024). Pemanfaatan Limbah Plastik Melalui Inovasi Ecobricks di Desa Setia Tawar Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(2), 106-112.

Mihai, F. C., Gündo?du, S., Markley, L. A., Olivelli, A., Khan, F. R., Gwinnett, & Molinos-Senante, M. (2021). Plastic pollution, waste management issues, and circular economy opportunities in rural communities. Sustainability, 14(1), 20.

Nugraha, T. A., & Soelasih, Y. (2023). The factors that shape green buying behavior of eco-friendly shopping bags. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(2), 121-132.

Phan, T. X. D. (2024). Understanding the acquisition, usage, and disposal behaviours in sustainable food consumption: A framework for future studies. Cleaner and Responsible Consumption, 12, 100162.

Pinto, D. C., Nique, W. M., Añaña, E. D. S., & Herter, M. M. (2011). Green consumer values: how do personal values influence environmentally responsible water consumption?. International Journal of Consumer Studies, 35(2), 122-131.

Putri, V. P. (2023). Mendorong pilihan berkelanjutan: Eco labeling, eco branding, dan dampaknya terhadap green purchase intentions dan consumer behaviour. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 3(3), 875-888.

Revalina, A. D. N., Stevanie, D. A. F., Irawan, F. A. B., Ardhiyanti, M., Ainunnisa, N. F., Andriana, N., & Fahira, N. (2024). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Mengurangi Sampah Plastik di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Jurnal Majemuk, 3(2), 304-317.

Romadloni, A. N. L., & Auliya, Z. F. (2024). Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Green Marketing, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Detergen Rinso (Doctoral Dissertation, Uin Raden Mas Said).

Safitri, D., & Setiyarini, T. (2023). Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Sikap Konumen dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan Botol Tumbler (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 3(4).

Sanjayanti, A., & Fauzi, F. (2024). Ecobrick: Solusi Inovatif Pemanfaatan Limbah Plastik Anorganik Dan Membangun Kebiasaan Hidup Siswa Zero Waste Di Jakarta. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 111-115.

Shidiq, L. M., Nurdin, S., & Sandini, D. (2024). Pengaruh Short Video Marketing Dan Green Product Terhadap Purchase Intention Tumbler Miniso. Jurnal Sains Manajemen, 6(2).

Tanahomba, A. K., Kalaway, P., Dillu, A., Ghudi, Y. N., Bunggih, A. U., Ndjoeroemana, Y., & Bano, V. O. (2024). The Optimization of Ecobrick Plastic Waste Into Chairs and Tables at Hamu Pangia Orphanage, East Sumba. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1750-1759.

Zhichao, Y., & Yashu, Y. (2024). Promoting Environmental Sustainability Through The Principles Of Green, Eco-Friendly Tourism. Imras, 7(12), 63-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i1.27629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.