Tata Kelola Media Sosial sebagai Pendukung Peningkatan Daya Jual Produk Industri Rumahan

Yulianingsih Yulianingsih(1*), Intan Mutia(2), Wahyu Nur Cholifah(3)

(1) Informatika Universitas Indraprasta PGRI
(2) Informatika Universitas Indraprasta PGRI
(3) Informatika Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Menjalankan bisnis secara online menghemat waktu, praktis dan mendatangkan keuntungan finansial. Banyak ragam tipe bisnis yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, mulai dari produk kecantikan, layanan jasa, produk fashion, jasa rias pengantin dan sebagainya. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan bagi Kotak Seserahan.com dan Putri Pandan Catering yang berlokasi di Depok dalam meningkatkan daya jual produk dan mendapatkan pelanggan baru dengan cara yang lebih efisien dan biaya yang lebih murah. Sehingga kedua mitra memiliki kemampuan untuk menyebarkan produk keluaran terbaru dengan cepat kepada masyarakat tertarget melalui fitur sharing dalam media sosial, dan melakukan komunikasi secara rutin demi meningkatkan keterikatan dengan pelanggan. Metode pendekatan yang dilakukan dengan cara memberikan handout pelatihan serta tips dan trik dalam mengelola sosial media yang digunakan oleh mitra. Simpulan pelatihan tata kelola media sosial ini memberikan wawasan pengetahuan tambahan bagi mitra dalam memahami fitur-fitur yang ada dalam media sosial dalam mendesain dan menampilkan produk yang menarik agar diminati oleh pelanggan dan dapat meningkatkan pemasaran produk.

 

Kata Kunci : Sosial media, aplikasi, tatakelola, pelatihan, industri rumahan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Undang-Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1995 Tentang usaha kecil.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Published. 14th edition.

Ryan, https://blog.sribu.com/panduan-bisnis/

Baktiono, R.A. dan Artaya, I.P. (2016. Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui Pendekatan Uji Categorical. Jurnal Manajemen Kinerja, 2 (2)

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Buku Panduan Kementerian Perdagangan yang Berjudul Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i01.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.