Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMA Harapan Ibu
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan adalah memberikan sosialisasi peningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI-KI melalui model pembelajaran project based learning pada para guru Pengampu Mata Pelajaran dan Guru Wali Murid Kelas XI dan XII di SMA Harapan Ibu (Islamic High School) Kebayoran Lama, Jakarta Selatan memberikan pelatihan peningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-XII sebagai mitra dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini. Agenda PKM terdiri dari pembukaan Abdimas. Selanjutnya, simulasi pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek. Model ini akan dibahas tentang pengertian, karakteristik, langkah-langkah, keuntungan, dan kekurangan model pembelajaran berbasis proyek. Terakhir, akan ada evaluasi dan ramah tamah dengan mitra. Hasil dari PKM ini adalah sebagai berikut: (1) PKM dari berbagai sisi telah memperlihatkan bahwa kegiatan PjBL dengan segala keunggulannya membangun masyarakat yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing; (2) PKM telah memperlihatkan bahwa kegiatan PjBL mencerminkan ciri-ciri PjBL. (3) PKM dapat meningkatkan kemampuan berpikir, terutama kemampuan berpikir kritis dan kreatif, yang penting untuk mengembangkan inovasi yang meningkatkan daya saing bangsa. (4) PKM sebagai metode pembelajaran tidak cuma memenuhi tujuan langsung untuk memperoleh keterampilan seperti menyusun proposal dan pelaporan serta dapat membangun soft skills, seperti sikap saling peduli dan menghargai, kerja sama tim, dan daya tarik. Rekomendasi kegiatan ini diharapkan pendidik dapat segera menerapkan kebutuhan belajar dan menyelenggarakan program pendampingan guru di setiap mata pelajaran yang diampu masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Aswad H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas V Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau. Pernik J Pendidik Anak Usia Dini. 2(2):135–160. DOI : https://Doi.Org/10.31851/Pernik.V2i01.3112
Didin, W., & Wiji, L. Z. (2020). The implementation of project-based learning approach in students’ creativity programs in indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 702-708.
Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran T-ematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(1), 44–62.
Elfian, E., Ariwibowo, P., & Johan, R. S. (2018). Peran Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Produktivitas Pendidikan. Sosio E-Kons, 9(3), 200-215. DOI : http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v9i3.1870
Erdogan, N., &Bozeman, T.D. (2019). Models of project-based learning for the 21st century. A practicebased model of stem teaching.Sahin, A.A practice-based model of STEM teaching(pp31-42). Rotterdam: Sense Publishers. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-019-2_3
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology Use To Support The Wellbeing of Children. Journal of pediatric nursing, 53, 88.
Hadi, S., Tukiran, T., & Yuwono, B. (2009). Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Guru dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal. Khazanah Pendidikan, 2(1).
Mahsun. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok : PT Rajawali. Pers.
Pranata, S. P., & Husain, H. (2022). Pembuatan Mural Islami Sebagai Sarana Edukasi Pada Pesantren Taruna Alqolam Creation Of Islamic Murals As A Means of Education The Alqolam Taruna Islamic Boarding School Universitas Mahkota Tricom Unggul , Medan , Indonesia Institut Turatea Indonesia , Ma. 2(1), 96–104. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/translitera.v13i1.3641
Rais, R., Sitorus, N., & Pranata, S. P. (2025). Kurikulum Pendidikan di Indonesia : Menjawab Kebutuhan Global di Tengah Tantangan Lokal. 6(3), 2329–2339. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i3.4542
Sadiyah, A., & Wathon, A. (2022). Manfaat Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sistim Informasi Manajemen, 5(2), 153-169.
Schuetz, R. (2018). Project-Based Learning: Benefits, Examples, and Resources. Technology Coordinator for Palatine High School, IL. Posted in Pro Tips | June 01, 2018. Retrieved fromhttp://schoology.com/blog/project-based-learning-pbl-benefits-examples-and-resource.
Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan (PPLSP). SWARA, 1(2), 53-64.
Zainal, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.27511
Refbacks
- There are currently no refbacks.