Upaya Penguatan Pemahaman Menulis Deskripsi dan Narasi pada Penulisan Buku Laporan Hasil Belajar Siswa PAUD di Depok

Fajar Kurniadi(1*), Hilda Hilaliyah(2), Nicky Rosadi(3)

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penulisan laporan kegiatan ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan yang dilakukan guna menyegarkan pemahaman guru pada saat menulis laporan hasil belajar. Laporan belajar siswa adalah hal yang ditunggu para orangtua untuk melihat sejauh mana perkembangan anaknya di lingkungan sekolah. Buku laporan hasil belajar merupakan media penyampai segala perkembangan dan prestasi siswa kepada orangtuanya. Oleh karena itu, isi dalam buku ini harus dapat mewakili perkembangan anak di dunia nyata. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan penyuluhan dan pendampingan serta mendengarkan secara langsung masalah yang dihadapi para guru. Diharapkan, dengan melakukan kegiatan ini, pengetahuan para guru mengenai penulisan narasi dan deskripsi menjadi lebih segar dan terbarukan. Hasil dari kegiatan ini adalah penyegaran pola tulis naratif dan deksriptif yang diterapkan pada kegiatan siswa dengan lebih efektif.

Kata Kunci: Narasi, Deskripsi, Buku Laporan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Keraf, G. (1982). Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Indah.

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Mardapi, D. (2003). Desain dan penilaian pembelajaran mahasiswa. Lokakarya Sistem Jaminan Mutu Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universita Gadjah Mada.

Purwaningrum, S. W., & Purwadi, A. (2013). Penggunaan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkankemampuan Menulis Narasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Basastra, 1-13.

Rusyana, Y. (1984). Penggunaan Bahasa dan Jenis Karangan dalam Penyusunan Buku Pelajaran Sejarah. Bandung : Diponegoro.

Sirait, B. (1985). Pedoman Karang Mengarang. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suparno, & Yunus, M. (2011). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widarso, W. (2000). Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.