Pelatihan Metode Cinema Therapy dalam Layanan BK Klasikal pada Guru BK SMK Kab. Bogor
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Karakteristik Layanan BK Klasikal yang dapat melayani siswa dalam satu kelas secara bersamaan menjadi salah satu bentuk keunggulan bagi layanan ini untuk secara efektif dan efisien mengoptimalisasikan dalam mengembangkan diri secara optimal. Penerapan metode layanan yang bersifat kekinian juga menjadi perlu diperhatikan sejalan dengan karakteristik dan passion siswa masa kini di era society 5.0 yang erat dengan dunia digital dan media sosial. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, pemanfaatan metode cinema therapy dalam layanan BK Klasikal menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan oleh guru BK. Cinema therapy merupakan teknik terapi kreatif dengan menggunakan film yang secara alami dapat menghubungkan dunia imajinasi, kreativitas, dan kebaruan daya berpikir individu. Keterbatasan keterampilan guru BK dalam mengaplikasikan metode ini menjadi dasar untuk diberikannya pelatihan. Pelatihan ini diberikan kepada 25 guru BK yang tergabung dalam MGBK SMK Kab. Bogor. Pelatihan diberikan dari identifikasi kebutuhan siswa, pemilihan film, hingga mengevaluasi pembelajaran dalam metode cinema therapy. Pelatihan ini terbukti memberikan peningkatan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap guru BK SMK Kab. Bogor dalam menerapkan metode cinema therapy dalam pelayanan BK Klasikal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan pengujian hipotesis statistika dasar dengan software r. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 327-334.
Depdiknas. (2006). Panduan Model Pengembangan Diri: Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fatemi, M. S. (2022). Film Therapy: Practical Applications in a Psychotherapeutic Context. New York: Routledge, Taylor & Francis Group
Fauzia, J. H., & Kurniawati, F. (2020). Efektivitas program pelatihan penetapan tujuan pada siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 11(1), 1.
Kartono, K. (1985). Bimbingan dan Dasar-Dasar Pelaksanaannya. Jakarta: Rajawali
Marisa, Cindy. (2024). Strategi dan Metode Pembelajaran (Integrasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Format Klasikal). Tangerang Banten: Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI)
Prayitno. (2009). Wawasan Profesional Konseling. Padang: UNP.
______. 2015. Pembelajaran melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Paramitra Publishing
______. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Depok: Rajawali Press.
Renata, D., Satrianta, H., Permatasari, R., Rufaidah, A., Utami, S., & Nisa, A. (2020). Movie therapy to developing prosocial behavior of childhoods. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 13(1), 1-16.
Simamora, H. L., Rochanie, R., & Handoyo, A. W. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 81-99.
Suwanto, I., & Nisa, A. T. (2017). Cinema Therapy Sebagai Intervensi dalam Konseling Kelompok. Proceedings Jambore Konselor, 3, 147–152.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan konseling di Sekolah Madrasah. Pekanbaru: Raja Grafindo Persada.
Utami, Sri. (2017). Kontribusi layanan informasi dalam konseling dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1 (1).
Suci, Y. T., & Jamil, A. S. (2019). Hubungan tingkat kepuasan pelayanan dengan keberhasilan peserta pelatihan teknis bagi penyuluh pertanian. Jurnal Hexagro, 3(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.26503
Refbacks
- There are currently no refbacks.