Penguatan Literasi Digital Guru untuk Pencegahan Perundungan di Pondok Pesantren
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Program pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah Bojonggambir Taraju, Tasikmalaya, tentang anti perundungan dan keterampilan digital sebagai upaya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman. Para guru dibekali pemahaman mendalam tentang jenis-jenis perundungan dan dampaknya, serta keterampilan pembuatan konten digital, seperti poster, infografis atau video edukasi, sebagai media penyampaian pesan kampanye anti perundungan kepada siswa. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, guru terlibat aktif melalui diskusi dan praktik langsung, menghasilkan peningkatan pemahaman serta keterampilan digital yang signifikan. Hasil survei menunjukkan bahwa 90% guru merasa lebih mampu mengidentifikasi dan menangani kasus perundungan, serta menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat. Sebagai inisiatif lanjutan, para guru membentuk program edukasi anti perundungan berkelanjutan yang akan dilaksanakan secara rutin, menggunakan konten digital yang mereka buat dan disebarkan di sekolah serta komunitas sekitar. Luaran program ini memperlihatkan keberhasilan dalam mendorong kesadaran dan inovasi dalam metode pengajaran guru terkait perilaku positif di sekolah. Dokumentasi dan rekomendasi program ini diharapkan menjadi acuan bagi sekolah lain dalam menjalankan edukasi anti perundungan melalui konten digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awiria, O., Olweus, D., & Byrne, B. (1994). Bullying at School - What We Know and What We Can Do. British Journal of Educational Studies, 42(4). https://doi.org/10.2307/3121681
Bawden, D. (2008). Origins and concepts of digital literacy. Digital literacies: Concepts, policies and practices. New York: Peter Lang Publishing, 30.
Dinihari, Y. Z. R. E. B. (2025). INOVASI BAHAN AJAR LITERASI: Pendekatan Gamifikasi dan Pedagogi Modern. EDUPEDIA Publisher.
Gao, Y., & Lu, J. (2023). John Dewey’s democracy and education: A centennial handbook. The Social Science Journal. https://doi.org/10.1080/03623319.2023.2236827
Hidayat, M., Aulia, Syah, F., & Risfan Rizaldi, A. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Takalar. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.293
KPAI. (2022). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022. In Https://Www.Kpai.Go.Id/.
Awiria, O., Olweus, D., & Byrne, B. (1994). Bullying at School - What We Know and What We Can Do. British Journal of Educational Studies, 42(4). https://doi.org/10.2307/3121681
Bawden, D. (2008). Origins and concepts of digital literacy. Digital literacies: Concepts, policies and practices. New York: Peter Lang Publishing, 30.
Dinihari, Y. Z. R. E. B. (2025). INOVASI BAHAN AJAR LITERASI: Pendekatan Gamifikasi dan Pedagogi Modern. EDUPEDIA Publisher.
Gao, Y., & Lu, J. (2023). John Dewey’s democracy and education: A centennial handbook. The Social Science Journal. https://doi.org/10.1080/03623319.2023.2236827
Hidayat, M., Aulia, Syah, F., & Risfan Rizaldi, A. (2022). Edukasi Pencegahan Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 45 Biringbalang Kabupaten Takalar. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v2i2.293
KPAI. (2022). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022. In Https://Www.Kpai.Go.Id/.
Laeheem, K. (2013). Guidelines for solving bullying behaviors among Islamic private school students in Songkhla Province. Asian Social Science, 9(11). https://doi.org/10.5539/ass.v9n11p83
Lee, S.-H. (2014). Digital Literacy Education for the Development of Digital Literacy. International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 5(3). https://doi.org/10.4018/ijdldc.2014070103
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nazelliana, D., & Dinihari, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Website untuk Program PKK di Jakarta Utara. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.5916
Ndetei, D. M., Ongecha, F. A., Khasakhala, L., Syanda, J., Mutiso, V., Othieno, C. J., Odhiambo, G., & Kokonya, D. A. (2007). Bullying in public secondary schools in Nairobi, Kenya. Journal of Child and Adolescent Mental Health, 19(1). https://doi.org/10.2989/17280580709486634
Novianti C. et al., 2023. (2023). Sosialisasi Perundungan ( Bullying ) Terkait Undang- Undang Perlindungan Anak Terhadap Siswa SDI Wolowona II. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 295–298.
Okoth, O. J. (2014). Teachers’ and Students’ Perception on Bullying Behaviour in Public Secondary Schools in Kisumu East District, Kenya. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n6p125
Pegrum, M., Dudeney, G., & ... (2018). Digital literacies revisited. European Journal of https://search.proquest.com/openview/5e8a97a54ed74c280cbf87de841c7878/1?pq-origsite=gscholar&cbl=4565088
Pulido, C. M., Villarejo-Carballido, B., Redondo-Sama, G., & Gómez, A. (2020). COVID-19 infodemic: More retweets for science-based information on coronavirus than for false information. International Sociology, 35(4). https://doi.org/10.1177/0268580920914755
Putu, N., Saraswati, V. D., Yudistira, N., & Adikara, P. P. (2023). Analisis Sentimen terhadap Perundungan Siber pada Twitter menggunakan Algoritma Bidirectional Encoder Representations from Transformer (BERT). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 909–916. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12345
Rigby, K. (2003). Consequences of Bullying in Schools. In Canadian Journal of Psychiatry (Vol. 48, Issue 9). https://doi.org/10.1177/070674370304800904
Smith, P. K., & Sharp, S. (2006). School Bullying: Insight and Perspectives. In The Problem of School Bullying.
Thornberg, R., Rosenqvist, R., & Johansson, P. (2012). Older Teenagers’ Explanations of Bullying. Child and Youth Care Forum, 41(4). https://doi.org/10.1007/s10566-012-9171-0
Wiyanti, E., Solihatun, S., & Dinihari, Y. (2022). Pemberdayaan Dasawisma dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan Keramat Jati Jakarta Timur Melalui Layanan Informasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Sosial Masyarakat di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(3).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i1.26405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.