PKM Lomba Story Telling pada Gebyar Permata Hati di Sekolah Islam Permata Hati

Eva Nurul Candra(1*), Asti Ramadhani Endah Lestari(2), Elyza Martiarini(3)

(1) UNINDRA
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan untuk menjawab permintaan mitra sebagai dewan juri lomba story telling Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai dewan juri dalam lomba bahasa Inggris membantu memastikan keadilan dalam penilaian, kelancaran proses lomba, serta memberikan dampak positif bagi peserta dan juri. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini meliputi peningkatan kemampuan berbahasa Inggris peserta, perkembangan soft skills, pengalaman profesional bagi para juri, serta dampak positif jangka panjang bagi motivasi peserta untuk terus belajar bahasa Inggris di luar lingkungan akademik formal.


Keywords


PKM; Lomba; Story Telling

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amelia, F. C., Sutarsyah, C., & Kadaryanto, B. (2015). Teaching Storytelling with Serial Pictures at the Second Year of SMA. UNILA Journal of English Teaching, 4(8).

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education , NY.

Brown, H. D. (2014). Principles of language learning and teaching: A course in second language acquisition. Pearson.

Merawati, M., & Mayar, F. (2021). Strategi Story Telling dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 706–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.797

Nuroh, E. Z., Kusumawardana, M. D., & Destiana, E. (2021). Developing Digital Literacy Skill for Initial Teacher Education Through Digital Storytelling. KnE Social Sciences, 475–496. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11250

Rasika, D. J., Sukirlan, M., & Suka, R. G. (2013). The Influence of Story Telling Technique on Students Speaking Ability. UNILA Journal of English Teaching, 2(6).

Ririhena, R. L. (2020). Guru sebagai Storyteller di Sekolah Dasar. Pedagogika, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page63-72

Savitri, L. N. (2018). Pengaruh Metode Story Telling melalui Pemanfaatan Program Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia Dini Manyaran Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.583

Sobarna, A. (2010). Efektivitas Metode “Storytelling” Bermedia Boneka untuk Pengembangan Kemampuan Berkomunikasi. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 26(1).

Subarjo, A. H. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pendidikan. Jurnal Angkasa.

Sulistianingsih, S., Raja, P., & Huzairin, H. (2014). The Implementation of Narrative Storytelling in Teaching Speaking. UNILA Journal of English Teaching, 3(4).

WIDYANTI, S. R. I. (2015). Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Media Gambar Tema Kebersihan Siswa Kelas I Sdn Segunung Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.