Inovasi Pembelajaran dalam Mengoptimalkan Peran Teknologi AI sebagai Pendukung Pembelajaran Adaftif Proses Belajar Mengajar di SMPN 271
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Seiring berbagai tugas disamping pembelajaran guru juga memiliki tugas administratif yang semuanya bersamaan dalam setiap tahun ajarannnya adanya teknologi Artificial intelligence (AI) membantu guru baik untuk pembelajaran dan tugas administrative lainnya. Tujuan utama dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam mendukung pembelajaran adaptif di SMPN 271. Pembelajaran adaptif merupakan pendekatan yang memungkinkan penyesuaian metode dan materi ajar sesuai dengan kebutuhan individu siswa, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Metode pendekatan AI secara menyeluruh dan peran teknologi AI, diharapkan dalam sistem pembelajaran dapat menjadi lebih dinamis, interaktif, dan terfokus pada perkembangan masing-masing siswa. Program ini melibatkan pelatihan guru untuk mengintegrasikan AI dalam kegiatan belajar, pengembangan modul pembelajaran yang sesuai dengan teknologi, serta evaluasi terhadap dampak implementasi AI dalam pembelajaran. Hasil dari kegitan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 271 serta menjadi model inovasi pendidikan berbasis teknologi di tingkat sekolah menengah.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Baihaqi, W. M., Sulistiyana, F., & Fadholi, A. (2021). PENGENALAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK SISWA DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.876
Firdhausi, A. (2023). Etika dalam Artificial Intelligence. ResearchGet, March.
Ismawati, N. A., & Ramadhanti, S. (2022). Penerapan Artifical Intelligence dalam Mendukung Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Batch I: Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar.
Jalaluddin, N. S., & Tahar, M. M. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif dalam kalangan Guru Arus Perdana. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(2). https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i2.1280
Nurzaki Alhafiz. (2022). ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5). https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203
Pakpahan, R. (2021). ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM KEHIDUPAN MANUSIA. Journal of Information System, Informatics and Computing Issue Period, 5(2).
Putri Supriadi, S. R. R., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2). https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4036
Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Sukmawati, S.ST., D. (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran (Paput Tri Cahyono (ed.); Cetakan 1). Cendikia Mulia Mandiri.
Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.