Penyuluhan tentang Pergaulan Teman Sebaya dan Pencegahan Tindakan Perundungan di SMK 17 Agustus 1945 Jakarta

Rosalina Dewi Heryani(1*), Ufiya Putri Adhiyati(2), Irna Kumala(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan yang cukup penting, dimana pada fase ini terjadi proses pematangan emosi, sosial, fisik dan psikis. Lemahnya emosi seseorang akan berdampak pada terjadinya masalah di kalangan remaja, misalnya bullying yang sekarang kembali marak terjadi. Hal ini disebakan oleh belum adanya kesadaran dari peserta didik untuk memperlakukan temannya dengan baik serta kurangnya pemahaman seorang anak mengenai tindakan yang melanggar norma seperti mengejek, memukul, menendang temannya, dsb. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar peserta didik dapat menumbuhkan kesadaran dalam dirinya untuk dapat memilih teman sebaya yang memiliki karakter yang baik dan sehat bagi mental dan perkembangan karakter diri. Selain itu, diharapkan peserta didik akan paham secara mendalam akibat-akibat perundungan yang biasanya selalu membuat korban-korbannya menjadi ketakutan dan depresi.


Keywords


Pergaulan, Teman Sebaya, Pencegahan, Perundungan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, G. & Ilham, A. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(2). 175-182. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.175-182.2023

Darmayanti, K.K.H, Kurniawati, F., Sitomurang, D.D.B. (2019). Bullying Di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian Dan Cara Menanggulanginya. PEDAGOGIA: Jurnal Imu Pendidikan, 17(1), 55-66. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Hutami, D. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak: Disiplin dan Kerja Keras. Jogjakarta: Cosmic Media Nusantara.

Jati, G.W. & Yoenarto,N.H., (2013). Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Faktor Demografi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(2), 109-123.

Muhopilah, P. & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(2), 99-107

Putri, H.S, Febriana, B. & Setyowati, W.E. (2023). Hubungan Antara Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying (Korban) Pada Remaja. UNISSULA: Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2(1), 263-271.

Santoso, G., et al. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Karakter Cinta Damai Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(1), 107-113. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.129

Septiyuni, D. A., Budimansyah, D. & Wilodati. (2015). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. SOSIETAS: Jurnal Pendidikan Psikologi, 5(1), 1-4. https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1512

Susanto, A.A.V., & Aman. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa Smp. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 105-111. http://dx.doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8011




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.25873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.