Penerapan Genre Based Approach di dalam Penulisan Memo Bahasa Inggris

Siti Nurani(1*), Nico Harared(2), Kokok Djoko Purwanto(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah sebagai berikut: 1) meningkatkan kemampuan menulis memo bahasa Inggris guru-guru melalui penerapan pendekatan berbasis genre; 2) meningkatkan kemampuan pemahaman makna teks fungsional (memo) bahasa Inggris sesuai dengan konteks dan fungsi penggunaan sehari-hari; dan 3) memberikan pengalaman belajar yang baru kepada para guru yang dimana pada akhirnya dapat mentransfer pemahaman materi kepada siswa untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris khususnya pembelajaran menulis (writing). Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengadopsi kerangka pemikiran dari Cope and Kalantzis (1993), yang mengklasifikasikan tahapan penulisan melalui pendekatan berbasis genre (Genre Based Approach) ke dalam tiga langkah pelaksanaan kegiatan, khususnya pada pembelajaran menulis (writing) antara lain: 1) modeling, 2) joint construction, dan 3) independent construction. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga dalam meningkatkan keterampilan menulis para guru

Kata kunci: pendekatan berbasis genre, keterampilan menulis, memo


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badger, R. G & White, G. (2000). A process genre approach to teaching writing, ELT Journal, 54(2), 153-160.

Byram, M. (2004). Genre and genre-based teaching. The Routledge Encyclopedia of Language Teaching and Learning, 234-237. London: Routledge.

Cope, B., & Kalantzis, M. (1993). Introduction: how a genre approach to literacy can transform the way writing is taught. In B. Cope & M. Kalantzis (Eds), The Powers of Literacy: A Genre Approach to Teaching Writing, 1-21.

Christie, F. (1990). Genre as Social Processes. A Plenary Paper Delivered at the Meanjin Reading Council Regional Conference, Brisbane (March, 23-25), 74-78.

Hammond, J., & Derewianka, B. (2001). Genre. In R. Carter & D. Nunan (Eds). The Cambridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Languages. Cambridge: Cambridge University Press.

Hyland, K. (2002).Genre in primary classrooms: The New South Wales (NSW) K-6 Syllabus. In C. N. Candlin & D. R. Hall (Eds.), Teaching and researching, 96-103.

Muncie, J. (2002). Finding a place for grammar in EFL composition classes, EFL Journal, 56, 407-430.

Reid, J. (1995). Teaching ESL Writing. Upper Saddle River, NJ: Heinle and Heinle.

Rothery, J. (1996). Making changes: developing an educational linguistics. In R. Hasan & G. Williams (Eds), Literacy in Society. London: Longman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.