Pelatihan Bahasa Inggris: Desain Template Belajar Seru dengan Canva untuk Anak SD dan SMP di Komunitas Yatim Kampung Bojong Indah

Yoga Pratama(1*), Fridolini Fridolini(2), Danny Faturachman(3), Agustinus Hariyana(4), Dasmo Dasmo(5)

(1) Universitas Dharma Persada
(2) Universitas Dharma Persada
(3) Universitas Dharma Persada
(4) Universitas Dharma Persada
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pelatihan kepada mitra yaitu anak yatim komunitas kampung bojong Indah tentang bagaimana meningkatkan kompetensi dengan memberikan pelatihan belajar menulis dan mendesain dalam bahasa Inggris menggunakan teknologi artificial intelegence (AI) Canva. Canva mempermudah pembuatan materi yang menarik dengan mengurangi kompleksitas desain grafis, sehingga penggunaan Canva dalam pendidikan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan menyajikan informasi secara visual yang lebih menarik dan mudah dipahami. Dengan pendekatan praktis ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar bahasa Inggris anak-anak di Kampung Bojong Indah dan mendukung perkembangan holistik anak-anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Darma Persada dan diikuti oleh 20 siswa, terdiri dari 10 siswa SD dan 10 siswa SMP yang berdomisili di Kampung Bojong Indah dan tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Kampung Bojong (LSGMP). Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Bahasa Multimedia Universitas Darma Persada dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif,berbasis project. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan kompetensi bahasa Inggris siswa yang signifikan. Respons positif terhadap materi yang disajikan terlihat jelas melalui peningkatan partisipasi dan hasil latihan serta uji coba yang dilakukan selama pelatihan. Hal ini berdampak positif pada kualitas pembelajaran yang diterima oleh siswa, karena program Canva mampu meningkatkan kemampuan belajar menulis bahasa Inggris siswa dan belajar menjadi lebih efektif.

Keywords


PKM, AI, Bahasa Inggris, Bojong Indah, Canva

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. In L. Wilkerson & W. H. Gijselaers (Eds.), Bringing problem-based learning to higher education: Theory and practice (pp. 3-13). Jossey-Bass.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1. George Washington University.

Crystal, D. (2003). English as a global language (2nd ed.). Cambridge University Press.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (1998). Active learning: Cooperation in the college classroom. Interaction Book Company.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nielsen, J. (2020). Canva design for non-designers. Apress.

Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Viking Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching (3rd ed.). Cambridge University Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.25408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.