Lokakarya Pengawas Sekolah Memfasilitasi Kebutuhan Belajar dan Berbagi Praktik Baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Unindra
(3) Unindra
(4) Unindra
(5) Unindra
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Albert, S., & Grzeda, M. (2015). Reflection in Strategic Management Education. Journal of Management Education, 39(5), 650–669. https://doi.org/10.1177/1052562914564872
Darmansah, T. (2022). Peran Pengawas Pendidikan dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Mudabbir, 2(1), 11–21.
Erni Novianti, Yudi Firmansyah, & Erwin Susanto. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 13–18. https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/6
Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, XXII(1), 65–71.
Iim Inayah, & Khoiri, N. (2013). Studi Komparasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Metode Diskusi Dan Model Direct Intruction Dengan Metode Resitasi Berbantuan Buku Saku Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 4(9), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ismayanti, Muhammad Arsyad, & Dewi Hikmah Marisda. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–32.
Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47
Muhamad Saprudin, & Nurwahidin. (2021). Implementasi Metode Diferensiasi Dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5766–5776.
Nurnalisa, Z., Ar, M., Pd, M., & Ar, D. (2008). Supervisi Akademik Pengawas Untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Pada Smk Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. 81–92.
Pradita Permatasari. (2022). Modul Pendampingan Fasilitasi Kebutuhan Belajar dan Berbagi Praktik Baik Satuan Pendidikan.
Prasetyono, H., Nurfahana, A., Ramdayana, I. P., Anita, T., & Hikmah, N. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 155. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111
Raden Rizky Amaliah, Abdul Fadhil, S. N. U. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625
Rahman, B. (2018). Refleksi Diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Paedagogia, 17(1), 1–12. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Pijar MIPA, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Ramdayana, I. P., Prasetyono, H., & Rahman, N. V. T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 597–607.
Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02), 100–113. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i02.9754
Sugiyono, Mr. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kunjungan Rumah di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1029–1038. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.189
Ulfah, M. (2012). Optimalisasi hasil belajar IPA tentang sistem gerak pada manusia melalui metode diskusi dengan tehnik pembelajaran tutor sebaya. Dinamika, 3(1), 19–24.
Utari, N. K. S. E. (2023). Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101
Yuliyanto, E., Fatichatul Hidayah, F., Perdana Istyastono, E., & Wijoyo, Y. (2018). Analisis Refleksi Pada Pembelajaran: Review Reasearch. Seminar Nasional Edusainstek ISBN : 978-602-5614-35-4 FMIPA UNIMUS 2018, 30–37.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.25222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.