Lokakarya Pengawas Sekolah Memfasilitasi Kebutuhan Belajar dan Berbagi Praktik Baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Hendro Prasetyono(1*), Anna Nurfarhana(2), Ira Pratiwi Ramdayana(3), Tri Anita(4), Iin Asikin(5)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Unindra
(3) Unindra
(4) Unindra
(5) Unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Lokakarya fasilitasi kebutuhan belajar dan berbagi praktik baik merupakan salah satu rangkaian kegiatan implementasi kurikulum merdeka dalam Program Sekolah Penggerak. Tujuan pembelajaran dari lokakarya adalah pengawas sekolah mampu merencanakan program pendampingan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru dan berbagi praktik baik secara berkala. Lokakarya dilaksanakan selama 8 Jam Pelajaran dengan metode pelaksanaan berupa ceramah, pengerjaan lembar kerja dan diskusi. Kegiatan dilaksanakan di Biglang Otel Sentul, Jawa Barat pada 3 Desember 2022. Lokakarya diikuti oleh 18 orang pengawas sekolah dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-kanak (PAUD/TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Susunan acara kegiatan lokakarya meliputi: pembukaan, mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, rencana aksi nyata dan penutup. Hasil lokakarya adalah meningkatkan kemampuan pengawas sekolah dalam mengidentifikasi kebutuhan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru (keberadaan komunitas praktisi, aktivitas pengembangan kompetensi yang diikuti, dan sebagainya) dan rencana program pendampingan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar dan berbagi praktik baik pada satuan pendidikan. Rekomendasi untuk kegiatan ini adalah para pengawas diharapkan dapat segera mengimplementasikan kebutuhan belajar dan menjalankan program pendampingan kepala sekolah di satuan pendidikan binaan masing-masing.

Keywords


Program Sekolah Penggerak, Sekolah Menengah Atas, Kabupaten Bogor, komunitas praktisi, kepala sekolah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albert, S., & Grzeda, M. (2015). Reflection in Strategic Management Education. Journal of Management Education, 39(5), 650–669. https://doi.org/10.1177/1052562914564872

Darmansah, T. (2022). Peran Pengawas Pendidikan dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Mudabbir, 2(1), 11–21.

Erni Novianti, Yudi Firmansyah, & Erwin Susanto. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 13–18. https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/6

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, XXII(1), 65–71.

Iim Inayah, & Khoiri, N. (2013). Studi Komparasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Metode Diskusi Dan Model Direct Intruction Dengan Metode Resitasi Berbantuan Buku Saku Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 4(9), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ismayanti, Muhammad Arsyad, & Dewi Hikmah Marisda. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–32.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47

Muhamad Saprudin, & Nurwahidin. (2021). Implementasi Metode Diferensiasi Dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(11), 5766–5776.

Nurnalisa, Z., Ar, M., Pd, M., & Ar, D. (2008). Supervisi Akademik Pengawas Untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru Pada Smk Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. 81–92.

Pradita Permatasari. (2022). Modul Pendampingan Fasilitasi Kebutuhan Belajar dan Berbagi Praktik Baik Satuan Pendidikan.

Prasetyono, H., Nurfahana, A., Ramdayana, I. P., Anita, T., & Hikmah, N. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 155. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111

Raden Rizky Amaliah, Abdul Fadhil, S. N. U. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Rahman, B. (2018). Refleksi Diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Paedagogia, 17(1), 1–12. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Pijar MIPA, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Ramdayana, I. P., Prasetyono, H., & Rahman, N. V. T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 597–607.

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02), 100–113. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i02.9754

Sugiyono, Mr. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kunjungan Rumah di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1029–1038. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.189

Ulfah, M. (2012). Optimalisasi hasil belajar IPA tentang sistem gerak pada manusia melalui metode diskusi dengan tehnik pembelajaran tutor sebaya. Dinamika, 3(1), 19–24.

Utari, N. K. S. E. (2023). Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101

Yuliyanto, E., Fatichatul Hidayah, F., Perdana Istyastono, E., & Wijoyo, Y. (2018). Analisis Refleksi Pada Pembelajaran: Review Reasearch. Seminar Nasional Edusainstek ISBN : 978-602-5614-35-4 FMIPA UNIMUS 2018, 30–37.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.25222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.