Pengembangan Keterampilan Berbicara melalui Media Gambar di TK Khatibul Ilmi Kab. Tangerang
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keterampilan berbicara adalah kemampuan penting yang perlu dikembangkan sejak usia dini untuk mendukung keberhasilan siswa beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Berdasarkan observasi di TK Khatibul Ilmi, ditemukan bahwa siswa mengalami kendala dalam berbicara dengan baik, kepercayaan diri dan mendeskripsikan ide-idenya. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui media dari rangkaian gambar-gambar dan dapat menyusun kata-kata melalui pembiasan agar dapat dipahami maksudnya secara baik dan benar. Metode pelaksanaan ini menggunakan pendekatan observasi langsung, ceramah, diskusi, praktik interaktif, dan evaluasi berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa pertemuan yang mencakup pelatihan bercerita menggunakan gambar yang relevan dalam kehidupan sehari-hari siswa yaitu pada tanggal 20-21 Juni 2024. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kepercayaan diri dan kemampuan berbicara siswa dalam mengolah ide-idenya menjad kata-kata yang lebih tersusun. Evaluasi menunjukkan bahwa media gambar membantu siswa dalam menyampaikan ide dan pengalaman secara terstruktur. Selain itu, guru merasa terbantu dalam mendukung pembelajaran di kelas melalui metode ini. Program ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa dengan cara yang kreatif, efektif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bloomfield, L. (1995). Language. George Allen & Unwin.
Broto, A. S. (1980). Pengajaran bahasa indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah dasar berdasarkan pendekatan linguistik konstrastif. Bulan Bintang.
Hanafi, A. H. (2011). Metode Penelitian Bahasa untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi (1st ed.). Diadit Media Press.
Hurlock, & Bergner, E. (2007). Elizabeth_Hurlock_Psikologi_Perkembangan.pdf. Erlangga.
Ilham, M. dan I. A. W. (2021). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Mulyati, Y. dan I. C. (2021). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. In T. S. Dan, Brontolaras R. S.Nurmanita (Ed.), Universitas terbuka (3rd ed.). Universitas Terbuka.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Bloomfield, L. (1995). Language. George Allen & Unwin.
Broto, A. S. (1980). Pengajaran bahasa indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah dasar berdasarkan pendekatan linguistik konstrastif. Bulan Bintang.
Hanafi, A. H. (2011). Metode Penelitian Bahasa untuk Penelitian, Tesis, dan Disertasi (1st ed.). Diadit Media Press.
Hurlock, & Bergner, E. (2007). Elizabeth_Hurlock_Psikologi_Perkembangan.pdf. Erlangga.
Ilham, M. dan I. A. W. (2021). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Mulyati, Y. dan I. C. (2021). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. In T. S. Dan, Brontolaras R. S.Nurmanita (Ed.), Universitas terbuka (3rd ed.). Universitas Terbuka.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Sadiman, Arief s, R. Rahardjo, Anung Haryono, dan H. (2021). Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali.
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, Dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena, 3(1), 67–80.
Sriwahyuningsih, V., Mufadhal Barseli, & Desi Afrianti. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Palma Kerumutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 2(3), 84–89. https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i3.216
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. Alfabeta, CV.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i1.25123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.