Pengelolaan Kelas dan Penggunaan Bahasa dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Rubik Bojong Gede dan L Course Tajur Halang Kabupaten Bogor

Euis Kurniasih(1*), Saidatun Nafisah(2), Devi Mulyani(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pengajar di Rubik Bojong Gede dan L Course Tajur Halang mengenai pengelolaan kelas dan penggunaan bahasa dalam pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak. Pengelolaan kelas meliputi karakteristik anak-anak, penataan posisi duduk, pengelompokan siswa, media pengajaran, dan perencanaan pengajaran sedangkan penggunaan bahasa meliputi ekspresi bahasa yang digunakan dalam setiap tahap kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan beberapa metode yaitu presentasi, diskusi, praktik mengajar dan evaluasi. Melalui pelatihan yang diberikan, para peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak.

Keywords: pengelolaan kelas, penggunaan bahasa, pengajaran bahasa Inggris


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alwasilah, A.C. (2007). CTL menjadikan kegiatan belajar mengasyikan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Centre

Bosch, K. (2016). Planning classroom management: A Five-Step Process to Creating a Positive Learning Environment 2nd Ed. Thousand Oaks:Corwin Press.

Hughes, G. (1990). A handbook of classroom English. Hongkong: Oxford University Press.

Pratiwi, N.K.P.,Artini, L.P & Adnyani, L.D.S. (2013) The implementation of instructional strategies and teachers roles in classroom management in TK Santi Kumara. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksa Vol 1 No.1

Suyatno. (2015).Kinerja profesi pendidik masa kini.DEIKSIS Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol.07 No.03

Weinstein, C. & Weber, W.A. (2011). Classroom management. Dalam Cooper, J.M. (editor), Classroom teaching skill (halaman 215-250). Belcomont: Wadsworth Cengage Learning




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.