Sosialisasi Bijak Menggunakan Gadget terhadap Anak di Panti Asuhan Al-Ummah Ponorogo
(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author
Abstract
Penggunaan gadget dalam kalangan anak-anak menjadi fokus penting dalam berbagai lembaga sosial, terutama di Panti Asuhan Al-Ummah. Gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern, membawa manfaat besar sekaligus dampak yang perlu dipertimbangkan, terutama dalam hal penggunaan berlebihan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi bijak menggunakan gadget kepada 26 anak di panti dengan rentang usia 5 hingga 16 tahun. Melalui observasi lapangan, dokumentasi, Pre-test, dan Post-test, hasil observasi menunjukkan bahwa 80,77% atau setara 21 anak panti menggunakan gadget lebih dari 2 jam. Berdasarkan Pre-test ditemukan tingkat pemahaman anak-anak mengenai penggunaan gadget yang aman berada pada nilai rata-rata 45 artinya untuk pemahaman bijak menggunakan gadget masih kurang paham. Kegiatan ini secara komprehensif mensosialisasikan penggunaan gadget kepada anak Panti Asuhan Al-Ummah selama 2 jam 30 menit. Setelah sosialisasi, Post-test menunjukkan peningkatan rata-rata nilai menjadi 72,3, menggambarkan efektivitas program sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman dan perilaku bijak menggunakan gadget. Peningkatan signifikan pada nilai Post-test mencerminkan dampak positif dari sosialisasi, menunjukkan bahwa anak-anak mampu meningkatkan pemahaman dan perilaku bijak menggunakan gadget. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa program sosialisasi bijak menggunakan gadget berhasil meningkatkan kesadaran dan pemahaman anak-anak terkait risiko penggunaan gadget berlebihan, dengan peningkatan rata-rata sebesar 27,3 poin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1493.
Asrafil, A., Botjing, M. U., Mulyati, S., & Lestari, S. P. (2022). Sosialisasi Upaya Konservasi Sumber Air Bersih di Tatanga Kota Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 416. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5125
Budiyati, G. A., Suryati, & Hartiningsih, S. N. (2022). Bijak Menggunakan Gadget Pada Anak Dan Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kesehatan (JPKMK), 2(2), 36–44.
Fitriana, Ahmad, A., & Fitria. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(2), 182–194. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898
Haq, A., Basra, M. U., Nasution, S. M., & Triana, V. (2023). Edukasi Kesehatan Pengaruh Gadget pada Remaja di SMA N 5 Kota Padang. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(2), 350. https://doi.org/10.36565/jak.v5i2.532
Hendriani, M., Zein, R., & Alfiyandri. (2022). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Yang Tidak Tepat Dan Berlebihan Terhadap Anak Di Era Digital. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 98–104.
Hidayati, U., Hariati, S., Sartika, G. P., Saadillah, A., Rahayu, A., Keguruan, F., & Sembilan, U. (2023). Seminar Parenting Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Membentuk Karakter Anak Berbasis Religius di Era Society 5.0. Journal of Human And Education Volume, 3(2), 283–290.
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 79–84. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/78
Nur Laily, I., & Dwi Ade Chandra, R. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 27–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679
Restu, A., Angelica, C., Matongan, K. B., & Maulana, A. (2024). Sosialisasi Dampak Cyberbullyng Dalam Sudut Pandang Psikologi Kriminal Di Kalangan Sman 2 Babelan. Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 261–264.
Rosidah, C. T., Kurnianingrum, A., Rahma, F., Suci, E., Mardani, B., & Surya, I. (2023). Sosialisasi Dampak Gadget Pada Anak: Kkn Mahasiswa Universitas Adi Buana Di Desa Betro. Pancasona, 2(1), 85–90. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6856
Salem, V. E. T., Fathimah, S., Sidik, S., & Hasrin, A. (2021). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu Di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 561–566. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2305
Salsabila, S., Wardani, I. K. F., Khoirunisa, N., & Yahya, R. A. P. (2024). Sosialisasi Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Sensoris Dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 2467–2474.
Thahira, A., Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., Widodo, V., & Santosa. (2024). Sosialiasi Kewirausahaan Digital Di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 23–31.
Wahyu Rifa’i, Didik Himmawan, & Ibnudin. (2023). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Metode Bermain Bagi Anak-Anak Desa Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.9
Wahyuddin, N. R., Azwar, Arnas, R., & Kadir, A. (2022). Pretest And Posttest Evaluation Of Training Participants In Oyster Mushroom Cultivation Practices In Tasiwalie Village, Pinrang District. JAPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ichsan Sidenreng Rappang, 1(1).
Yulianti, Ahmad, R. S., & Torro, S. (2024). Pengaruh Pretest Dan Posttest Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di UPT SMA Negeri 2 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 236–245.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i5.24280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.